Home / News NTT / Walikota Jonas ungkap sistem penerimaan siswa baru

Walikota Jonas ungkap sistem penerimaan siswa baru

SMPN 2 Kupang. (foto: semard dju/moral-politik.com)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Penerimaan Siswa Baru (PSB) di Kota Kupang terus menumpuk dari tahun ke tahun pada sejumlah sekolah unggulan.

Kendati demikian, pemerintah Kota Kupang belum berencana untuk memberlakukan sistim PSB secara online.

Walikota Kupang Jonas Salean kepada moral-politik.com, di Balai Kota Kupang, Jumat (9/6/2017) siang mengaku bahwa penerimaan siswa baru masih menggunakan sistem yang lama, namun pemerintah telah meminta sekolah untuk lebih selektif dan membatasi penerimaan siswa sesuai dengan juknis dari Dinas Pendidikan,

Jonas mengatakan, penerimaan siswa pada tahun 2017, khususnya untuk sekolah menengah pertama (SMP) akan dibagi dalam dua sistem penerimaan, yaitu sistem umum dan sistem khusus.

Menurut dia, sistem umum akan menggunakan pola penerimaan berdasarkan nilai yang telah ditetapkan. Sementara siste khusus, adalah kuota yang diberikan kepada siswa-siswa yang berdomisli dekat sekolah masing-masing.

“Contohnya begini. untuk SMPN II Kupang, yang terletak di Kelurahan Oetete, maka siswa yang berdomisili dekat sekolah itu, akan mendapat jatah 30 persen dari total kuota penerimaan, sedangkan sisanya akan diseleksi lewat nilai hasil ujian kelulusan. Hal yang sama juga berlaku pada sekolah-sekolah negeri laiinya yang berada di Kota Kupang,” tambahnya.

Baca Juga :  Walikota Jonas curhat soal terhambatnya penyerapan DAK

< 1 2>

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button