Home / News NTT / Waspada! Dua warga Kota Kupang teridentifikasi HIV/AIDS

Waspada! Dua warga Kota Kupang teridentifikasi HIV/AIDS

ilustrasi. (foto: sergapntt.com)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kupang, mengidentifikasi ditemukannya dua orang yang diduga terinfeksi HIV/ AIDS.

“Penemuan ini melalui hasil zero survei, yang dilakukan oleh Dinkes bersama tim yang terdiri dari Puskemas, dan tenaga kesehatan VCT serta LSM pada awal Mei 2017 lalu,” kata Kepala Bidang P2P Dinkes Kota Kupang Sri Wahyuningsi kepada moral-politik.com di Kantor DPRD Kota Kupang, Jumat (2/6/2017).

Ia menjelaskan, zero survey dilakukan pada akhir bulan April 2017 hingga awal Mei, sasaran dari zero survey adalah PNS dilingkup pemerintah Kota Kupang, karena sesuai data terakhir yang ada pada Dinkes Kota Kupang, ada sebanyak 1064 penderita HIV/AIDS di Kota Kupang, dari jumlah itu terdapat 11 persen penderita yang merupakan Aparatus Sipil Negara (ASN)

Ia mengaku, sesuai target zero survei untuk ASN 250 orang, namun untuk ASN hanya 194 orang mau mengikuti survey pengambilan darah untuk mendeteksi HIV/AIDS , sehingga sisa 56 dilakukan zero survei pada non ASN. Dari hasil zero survei untuk kelompok yang rentan terhadap penyebaran HIV/AIDS, di luar ASN, ditemukan dua orang yang diduga terinfeksi, sehingga saat ini, keduanya langsung ditangani tim VCT dan Dinkes Kota Kupang.

Ia mengaku, dari hasil zero survei tahun 2017, jumlah orang teridentifikasi HIV/AIDS lebih kecil dibanding hasil zero survey tahun 2016.

” Tahun lalu yang hasilnya sebanyak 12 orang yang di duga terinveksi.” pungkas dia.

Penulis: Nyongki

 

 

 

Baca Juga :  Gara-Gara Dana TdF, Bupati Manggarai dan Kadis Parekraf NTT Bertengkar

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button