MORAL-POLITIK.COM: Presiden Joko Widodo (Jokowi) memboyong keluarganya ikut kunjungan kerjanya ke Turki dan Jerman.

Tak hanya Ibu Negara Iriana, Jokowi juga membawa ketiga anaknya, yakni Gibran Rakabuming, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep.

Menantu Jokowi yang merupakan istri dari Gibran, Selvi Ananda, juga ikut dalam rombongan. Begitu juga anak dari Gibran dan Selvi, Ethes, yang baru berusia satu tahun empat bulan.

Deputi Sekjen Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran (FITRA) Apung Widadi menilai, jika Jokowi mengajak keluarganya atas biaya negara, maka itu adalah pemborosan anggaran negara.

“Itu pemborosan keuangan negara. Ini bertolak belakang dengan citra Jokowi yang sederhana kemarin. Pencitraan Jokowi tepatnya,” kata Apung kepada Kompas.com, Jumat (7/7/2017).

Apung mengatakan, harusnya hanya istri Presiden yang dibawa dalam kunjungan ke luar negeri. Sebab, Ibu Negaralah yang mendampingi berbagai kegiatan Kepala Negara. Sementara, keluarga lain seperti anak, menantu dan cucu tidak ikut mendampingi.

“Presiden tidak mampu memberikan teladan kesederhadaan,” ucap Apung.

Baca Juga :  'Mama dan Anak Kepergok Bapak Main Kuda-kudaan, Istana Gempar' Demokrat Bungkam Soal Kabar Perselingkuhan Inggrid Kansil