Home / Populer / Ketika Jokowi ingin Dana Haji bisa diinvestasikan ke infrastruktur

Ketika Jokowi ingin Dana Haji bisa diinvestasikan ke infrastruktur

Presiden Joko Widodo.(Foto: Antara/Puspa Perwitasari)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Anggota Dewan Pengawas dan Anggota Badan Pelaksana Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (26/7/2017).

Jokowi berharap, BPKH dapat mengelola dana haji lebih baik sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi para calon jamaah haji.

Dana haji tersebut, sambung dia, dapat diinvestasikan pada tempat-tempat yang memberikan keuntungan sehingga dapat menekan biaya haji selama ini.

“Dari sisi pengelolaan keuangannya. Jadi, bagaimana uang yang ada, dana yang ada ini, bisa dikelola, diinvestasikan ke tempat-tempat yang memberikan keuntungan yang baik sehingga dari keuntungan itu bisa dipakai untuk mensubsidi ongkos-ongkos, biaya-biaya, sehingga nanti menjadi lebih turun terus,” kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (26/7/2017).

Karena itu, kata dia, pemerintah akan membuka peluang investasi bagi BPKH untuk menginvestasikan dana haji tersebut ke sektor-sektor yang tak memiliki risiko tinggi, seperti sektor infrastruktur.

“Daripada uang ini idle, diam, ya lebih baik diinvestasikan tetapi pada tempat-tempat yang tidak memiliki risiko tinggi, aman, tapi memberikan keuntungan yang gede. Itu yang dicari. Kesempatan ini memang mungkin pemerintah harus memberikan peluang, misalnya ada jalan tol yang sudah brownfield, mau dilepas, beri kesempatan dulu yang pertama pada dana haji kita ini,” katanya.

Presiden mengatakan, Badan Pengelola Keuangan Haji ini akan mengelola dan mengawasi dana haji yang terkumpul. Sebagai negara dengan jamaah haji terbesar, Jokowi berharap pengelolaan dana haji dapat dilakukan dengan baik. Ia juga ingin agar lembaga ini dapat mencontoh negara lain seperti Malaysia dalam mengelola tabungan haji.

Baca Juga :  KPK Pastikan Tak ada satupun rekening di luar negeri atas nama Jokowi

< 1 2 3>

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button