Home / Populer / KPK panggil, Menteri Yasonna kemukakan klarifikasi…

KPK panggil, Menteri Yasonna kemukakan klarifikasi…

Foto: Juru Bicara KPK Febri Diansyah (Haris Fadhil/detikcom)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengklarifikasi akan diperiksa KPK hari ini terkait kasus e-KTP.

Yasonna rencananya diperiksa terkait statusnya saat masih menjadi Anggota DPR Komisi II, saat berlangsungnya bancakan korupsi e-KTP.

“Benar, ada rencana pemeriksaan sejumlah saksi kasus e-KTP mulai besok (3/7). Sejumlah anggota DPR-RI yang diduga terkait, mengetahui informasi ataupun yang perlu diklarifikasi kembali terkait indikasi aliran dana akan diagendakan diperiksa. Sebelumnya, untuk tersangka AA (Andi Agustinus alias Andi Narogong) sudah banyak dari unsur swasta dan birokrasi yang diperiksa,” terang Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Minggu (2/7/2017).

Nama Yasonna sendiri muncul dalam sidang perdana e-KTP dengan tersangka Irman dan Sugiharto. Ia diduga menerima duit sebesar USD 84 ribu hasil dari korupsi e-KTP. Namun, jaksa tidak menyebut kapan tepatnya Yasonna yang saat itu anggota Fraksi PDIP, menerima uang haram tersebut.

Yasonna sempat menyatakan terkejut namanya disebut dalam persidangan kasus proyek e-KTP, padahal dirinya belum pernah dimintai keterangan sebagai saksi oleh penyidik KPK. Apalagi, saat itu Fraksi PDI Perjuangan mengkritik kebijakan pengadaan e-KTP yang dimulai tahun 2011.

Terkait hal ini KPK sudah pernah memanggil Yasonna untuk penyidikan beberapa kali, namun tidak pernah hadir.

Alasannya, setiap kali penjadwalan bertepatan dengan pekerjaan lain atau berbenturan dengan kegiatan resmi mewakili pemerintah.

Baca Juga :  AS dan Eropa akan "gebuk" Rusia bila "Rebut" Crimea

< 1 2>

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button