Home / News NTT / Libby Ratuarat: Penertiban Pekerja Anak tanpa solusi

Libby Ratuarat: Penertiban Pekerja Anak tanpa solusi

Direktris RPK Libby Ratuarat. (foto: nyongki/moral-politik.com)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Pemerintah Kota Kupang berupaya melakukan penertiban pekerja anak di perempatan jalan Protokol mendapat apresiasi dari Rumah Perempuan Kupang (RPK).

Sebagai salah satu LSM pemerhati masalah anak di Kota Kupang, pihak RPK menilai upaya yang dilakukan oleh pemerintah masih dilakukan secara serampangan tanpa ada solusi pasca penertiban.

“Pasalnya setelah penertiban dan anak-anak dikembalikan kepada orangtua atau pengampu mereka, keesokan harinya mereka kembali melakukan rutinitas seperti biasanya. Hal ini sangat disesali karena penertiban yang dilakukan hanya untuk para mengangkut anak-anak tanpa ada solusi yang baik,” kata Direktris RPK Libby Ratuarat ketika moral-politik.com meminta komentarnya soal sikap pemerintah Kota Kupang dalam menertibkan pekerja anak di Kota Kupang, Jumat (6/7/2017) siang.

Libby menuturkan, seharusnya sebelum penertiban pemerintah memetakan persoalan berbasis data, seperti apa yang menjadi penyebab anak-anak tersebut bekerja di jalanan, kemudian siapa yang menjadi induk semang mereka, dan langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan setelah penertiban dilakukan.

Selain itu, katanya, harus koordinasi lintas dinas sosial di seluruh NTT karena rata-rata pekerja anak di Kota Kupang berasal dari luar Kota Kupang.

“Setelah itu baru dipetakan penyebab utama anak-anak dipaksakan bekerja, dan siapkan langkah intervensi pasca penertiban, sehingga tidak terkesan pemerintah hanya melakukan penertiban namun tidak ada solusinya,” tambahnya.

Menurut dia, kalau sekedar hanya tertibkan itu bukan solusi meminimalisir pekerja anak di Kota Kupang. Kota Kupang sudah mendapat Kota Layak Anak dan Kota Ramah Anak, tapi pemerintah sepertinya tidak siap.

Baca Juga :  DPRD Kota Kupang: Pemerintah wajib mengawasi dan membina PJTKIS

< 1 2>

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button