Home / Populer / Luhut tanggapi Cina akan kuasai 90% kepemilikan kereta cepat

Luhut tanggapi Cina akan kuasai 90% kepemilikan kereta cepat

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Beredar kabar bahwa komposisi kepemilikan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung antara Indonesia dengan Tiongkok dalam konsorium akan diubah.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan membenarkan hal tersebut.

Sekarang ini, komposisi kepemilikan Indonesia-China berada di angka 60:40. Sedangkan yang lagi dalam proses kajian untuk dinegosiasi ulang mengalami perubahan dratis, yakni 10:90.

“Sedang kami kaji, nanti minggu depan akan kita dapat jawabannya,” ujar Luhut kepada wartawan di kompleks Istana Negara, Rabu (26/7/2017).

Mengenai apa yang menjadi pertimbangan bagi pemerintah mengubah komposisi kepemilikan proyek dalam konsorsium, mantan Menko Polhukam ini memberi contoh pada PT Inalum.

“Itu kan seperti Inalum. Kan tidak apa-apa orang lain jadi majority. Nanti setelah 40 tahun kan kembali juga ke kita 100 persen,” jelas Luhut.

Saat dipastikan apakah opsinya Indonesia hanya kebagian 10 persen dan China dikasih 90 persen kepemilikan, Luhut menyebut belum bisa dipastikan hasil akhirnya.

“Belum tahu kalau itu mau berapa persen. Kita lihat minggu depan. Nanti menteri BUMN laporan ke presiden. Presiden akan evaluasi, baru diputuskan. Dan itu harus negosiasi lagi kepada Tiongkok,” tandasnya. (kl/jppn)

 

 

Editor    : Erny
Sumber : Jpnn.com, Maidany.com

Pencarian Terkait:

  • kereta cepat indonesia cina
Baca Juga :  Bara JP Berterima Kasih Kepada Ruhut Karena Makin Besarkan Jokowi

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button