Home / News NTT / Menurunnya tingkat kunjungan pasien di RSUD SK. Lerik

Menurunnya tingkat kunjungan pasien di RSUD SK. Lerik

Marsiana Halek. (foto: nyongki/moral-poitik.com)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Kendati sudah melayani pengobatan gratis berbasis e-KTP selama Juli 2017, pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) SK. Lerik Kota Kupang mencatat, tingkat kunjungan pasien yang melakukan pengobatan dan pelayanan kesehatan lain menurun.

Demikian dikatakan Direktur RSUD SK. Lerik, Marsiana Halek kepada wartawan saat ditemui di Kantor DPRD Kota Kupang, Senin (24/7/2017).

Menurut Halek, kunjungan pasien yang mendapat pelayanan kesehatan di RSUD SK. Lerik mengalami penurun sekitar 10, 5 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

“Kunjungan itu paling banyak masih pada spesialis kebidanan, namun itu rata-rata rujukan dari Puskesmas,” lanjut Halek.

Rujukan pasien itu, akui Halek, adalah pasien ibu dan anak dan ditambah pasien penyakit dalam serta ditambah rujukan ke UGD emergenci.

“Ya dengan menurun pasien ini, pelayanan kesehatan tetap berjalan normal, dan stock obat pun masih aman, karena saat ini penangana pasien yang alami kasus besar seperti pasien DBD maupun Diare belum ada,” tambahnya.

Sementara disinggung soal pasien yang datang berobat menggunakan e-KTP, Halek mengaku pasien yang datang berobat menggunakan e-KTP belum mengalami lonjakan, pasalnya pasien yang datang berobat di RUSD menggunakan e-KTP, harus melalui rujukan dari Pusesmas.

“Kalau sakitnya tidak terlalu parah dan bisa ditangani pihak Puskesmas, maka tidak perlu lagi datang ke RS. Apalagi di beberapa Puskesmas punya fasilitas rawat inap, sehingga pihak RSUD SK. Lerik akan menerima pasien jika ada rujuakan. Kecuali yang sakit parah maka boleh langsung datang berobat,” pungkas Halek.

Penulis: Nyongki
Baca Juga :  Benarkah Ada Tikus Berdasi di RSUD Prof.DR.W.Z. Johannes Kupang ??

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button