Home / Populer / Obama sebut Ayah Tirinya seorang Muslim yang penuh toleransi

Obama sebut Ayah Tirinya seorang Muslim yang penuh toleransi

Presiden Joko Widodo dan Barack Obama, presiden ke-44 Amerika Serikat di Grand Garden Cafe, kawasan Kebun Raya Bogor, Jumat (30/6/2017).(BIRO PERS SETPRES)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama, menjadi bintang utama dalam Kongres Diaspora Indonesia di Jakarta, Sabtu (1/7/2016).

Penampilannya disambut amat meriah, apalagi ketika dia bicara tentang toleransi.

“Ayah tiri saya, dia Muslim, tapi dia hargai orang Hindu, Buddha, Kristen,” kata Obama yang disambut tepuk tangan riuh dan sorak sorai sekitar 4.000 orang yang hadir, seperti dilaporkan BBC Indonesia.

Toleransi menjadi salah satu topik utama pidato Obama lantaran di dunia dan Indonesia, “Ada peningkatan penolakan pada kelompok minoritas, diskriminasi yang berdasarkan etnis, dan agama.”

Obama bercerita, sikap toleransi yang dilihat dari ayah tirinya, Lolo Soetoro, dan berbagai pengalaman masa kecilnya di Indonesia, menjadi pelajaran berharga baginya untuk “menghargai perbedaan”.

“Dan ketika melihat Candi Borobudur yang merupakan candi Buddha, di tengah negara Muslim, Candi Prambanan yang Hindu dan dilindungi negara Muslim, wayang kulit dan Ramayana di negara Muslim, semangat Indonesia haruslah toleransi. Dan itu juga terlihat dari gereja dan mesjid yang bersebelahan,” tutur Obama yang disambut kembali dengan sorakan penonton.

Menurut Obama, toleransi inilah semangat dan karakter paling penting dari Indonesia yang harus ditiru negara Muslim di seluruh dunia.

Baca Juga :  Kunker Jokowi ke NTT menyisahkan agenda ini...

< 1 2 3>

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button