Home / Opini / Opini: “Rai Ati Racang Rak” dan semangat pengabdian

Opini: “Rai Ati Racang Rak” dan semangat pengabdian

ilustrasi. (foto: lppm.stkipsantupaulus.ac.id)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Oleh: Feliks Hatam *)
.

 

 

MORAL-POLITIK.COM: Urain sederhana ini sebagai dukungan dan sharyng (berbagi) gagasan yang mungkin diperlukan oleh mahasiswa yang akrab dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Sharyng gagasan ini, selain dipersembahkan kepada seluruh mahasiwa di negeri ini, tetapi juga dipersembahkan kepada mahasiswa STKIP Santu Paulus Ruteng yang sebentar lagi melaksanakan KKN.

Kegiatan tersebut akan dimulai pada tanggal 12 Juli -19 Agustus 2017. Tanggal 12 -15 Juli 2017 pembekalan mahasiwa KKN, dan tanggal 17 Juli -19 Agustus 2017 berada di tempat KKN.

Kali ini tempat KKN berkosentrasi di 38 desa dalam empat kecamatan di Kabupaten Manggarai Barat. Empat kecamatan yang dimaksud adalah Kecamatan Lembor, Lembor Selatan, Kuwus dan Mbeliling.

KKN adalah sebagai salah satu bentuk peningkatan kemampuan mahasiswa melalui pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh mahasiswa dari latar belakang ilmu masing-masing. Waktu dan tempat pelaksanaan KKN tergantung Perguruan Tinggi (PT).

Biasanya waktu pelaksanaan KKN antara satu sampai dua bulan, dan dilaksanakan di tingkat desa. Tentu hal ini sekali lagi, tergantung PT yang melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.

Pelakasanaan KKN tidak terlepas dari tujuan pendidikan nasional. Pendidikan nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjwab (SISDIKNAS. No 20/2003. Pasal 3).

Tentu masih banyak harapan dan tujuan pendidikan nasional yang termaktub dalam keputusan MPR, keputusan Presiden, keputudan pemerintah dan Undang-Undang lainya. Dari semua itu, benang merahnya adalah harapan dan kerinduan Negara untuk mewujudkan cita-cita Negara yang dinyatakan dalam UUD 1945 dan nilai-nilai Pancasila.

Baca Juga :  Demo Tuntut Legalisasi Ganja Sebagai Obat

< 1 2 3 4>

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button