Home / Opini / Penjelasan Kemnaker soal 624 standar kompetensi kerja

Penjelasan Kemnaker soal 624 standar kompetensi kerja

aksi buruh wanita di hi. ©2013 Merdeka.com/arie basuki

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Hery Sudarmanto kemukakan pentingnya meningkatkan kompetensi kerja dan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia.

Menurut dia, Kemnaker melakukan percepatan penerapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKNNI).

Hery mengatakan, penerapan SKNNI dibutuhkan untuk meningkatkan kompetensi SDM di semua sektor. Sehingga, para SDM nantinya bisa bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

“Penerapan SKKNI di semua sektor dibutuhkan untuk meningkatkan kompetensi dan daya saing para pekerja Indonesia agar bisa bersaing di tingkat nasional maupun internasional,” kata Hery saat membuka acara Bincang PERSpektif Trakindo yang mengusung tema “Sertifikasi Kompetensi Tingkatkan Kualitas SDM” di Jakarta, Selasa (20/6).

Berdasarkan Data Kemnaker Juni 2017, tercatat 624 SKKNI dari 9 sektor di antaranya, sektor Pertanian, Peternakan, dan Kehutanan dan Perikanan.

SKKNI ini menjadi nantinya akan menjadi acuan dalam pelatihan, pengembangan karier serta peningkatan kompetensi dan produktivitas yang diakui dan berlaku secara nasional di wilayah Indonesia.

Hery menuturkan, investasi SDM sangat penting dalam peningkatan kualitas SDM di Indonesia.

Apalagi, Indonesia diprediksi menjadi negara dengan ekonomi terbesar nomor 7 dengan syarat harus memiliki 113 juta pekerja berkeahlian.

Baca Juga :  Pejuang Pendidikan Perempuan Pakistan ini Rayakan Ultah ke-16 di Markas PBB

< 1 2>

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button