Home / Opini / Penyelamatan Anak Indonesia dari ancaman narkoba

Penyelamatan Anak Indonesia dari ancaman narkoba

Arist Merdeka Sirait. (foto: kompas.com)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Meningkatnya pemanfaatan anak-anak sebagai kurir dan pengedar Narkoba oleh bandar dan cukong Narkoba, sudah sangat menakutkan.

Selain menakutkan, juga mengancam masa depan anak dan masa depan generasi penerus bangsa.

Fakta dan data yang dimiliki Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Komnas Anak dan sejalan pula dengan fakta dan data yang dimiliki Badan Nakotika Nasional (BNN) menemukan fakta bahwa selain anak dimanfaatkan oleh para bandar narkoba kecil dan besar, yang lebih memprihatinkan, anak juga dimanfaatkan dan dikorbankan oleh orang tua kandungnya sendiri untuk menjadi kurir dan pengedar narkoba di kalangan anak-anak dan di kalangan umum, baik dalam sekala kecil dan besar.

Usia anak yang dilibatkan dan dikorbankan itu berstatus pelajar mulai dari usia 10 hingga 15 tahun. Selain itu juga para cukong memanfaatkan perempuan sebagai ibu, khususnya ibu atau perempuan miskin serta perempuan yang berlatar belakang korban dari Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT).

Dari temuan Quick Investigator Team Komnas Anak di beberapa tempat di kota dan kabupaten, anak yang digunakan sebagai korban juga telah dimanfaatkan sebagai pengedar di kalangan anak-anak usia sekolah sebagai target dengan memanfaatkan jam istirajat sekolah, kantin dan di tempat sunyi seperi toilet sekolah sebagai tempat transaksi barang haram itu.

Yang menjadi ironis dan mengkhawatirkan kita semua, di salah satu kota kecil Tanjung Balai di Sumateta Utara, Quick Investigator Komnas Perlindungan Anak enam bulan lalu juga menerima fakta dan data hasil dari survey kantor BNN di Kota Administrasi itu, melaporkan bahwa dari 300 siswa dan siswi dari 10 SMK dan 1 sekolah Akademi yang tes urine menemukan hanya 1 SMK yang steril atau bebas terhadap Narkoba.

Baca Juga :  Seseorang Dilihat dari Penampilannya

< 1 2 3>

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button