Home / Opini / Pilpres 2019, Jokowi-Puan vs Prabowo-AHY…

Pilpres 2019, Jokowi-Puan vs Prabowo-AHY…

Susilo Bambang Yudhoyono berbincang dengan Prabowo Subianto sebelum pertemuan tertutup di Puri Cikeas, Bogor, Kamis (27/7/2017).

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Pemilihan Presiden (Pilpres) masih sekitar dua tahun lagi, namun elit partai politik tampaknya sudah mulai membangun koalisi untuk mengusung pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

Menariknya, ada dua poros yang sebelumnya disebut-sebut sulit menyatu kini saling mendekatkan diri, yakni poros Cikeas (Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY/Demokrat) dengan poros Hambalang (Prabowo Subianto/Gerindra).

Jika pendekatan keduanya menemui titik temu, kedua poros tersebut bisa jadi akan mengusung pasangan Prabowo dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Sebab, SBY besar kemungkinan tak akan maju lagi, walaupun dibolehkan menurut Undang-undang. SBY tentu akan berjuang keras mendorong putera mahkotanya AHY untuk disandingkan dengan Prabowo. Di poros ini nantinya akan menyatu empat partai yakni, Gerindra, Demokrat, PKS, dan PAN.

Sementara di sisi lain ada poros Teuku Umar (Megawati/PDI-P) yang kemungkinan akan mengusung Jokowi – Puan Maharani. Sama dengan SBY, Megawati yang juga mustahil akan mencalonkan diri, apalagi sudah dua kali kalah dari dua pilpres sebelumnya. Megawati tentu akan mempertahankan Jokowi sebagai “petugas partai” dengan menggandeng puteri mahkotanya, Puan Maharani.

Di poros ini. Selain PDI-P ada dua partai yang sejak awal sudah menyatakan sikap mendukung Jokowi sebagai capres 2019, yakni Golkar dan Nasdem. Ditambah Hanura, PPP, dan PKB.

Di kedua poros tersebut, masing-masing ada dua partai berbasis Islam. Di poros Hambalang-Cikeas ada PKS dan PAN yang representasi Islam modernis, sedangkan di poros Teuku Umar ada PKB dan PPP mewakili Islam tradisional.

Diketahui PAN berbasis massa Muhammadiyah dan PKS basis massanya multikompleks mulai dari Muhammadiyah, Persatuan Islam (Persis) dan muslim perkotaan lainnya. Sedangkan PPP dan PKB punya basis massa yang sama, yakni NU.

Baca Juga :  Zanty Antomina: Tampil Cantik degan Busana Sederhana

Pencarian Terkait:

  • ahy vs puan

< 1 2 3>

Komentar Anda?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button