Home / News NTT / Politeknik Pertanian Negeri berkiprah di Kabupaten Kupang

Politeknik Pertanian Negeri berkiprah di Kabupaten Kupang

Ilustrasi: POS KUPANG/DION KOTA -- Direktur Politani Negeri Kupang, Blasius Gharu, membuka dengan resmi pementasan tarian caci di kampus tersebut, Kamis (9/10/2014).

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POITIK.COM: Politeknik Pertanian (Politani) Negeri Kupang melakukan kegiatan pengabdian di Dusun Oehau, Desa Noelbaki, Kabupaten Kupang pada 12 April 2017 lalu.

Kegiatan pengabdian oleh pihak Universitas Politani Negeri Kupan dilakukan oleh tim dosen dan mahasiswa di bawah pimpinan Redempta Wea, dan Andy Yumima Ninu,” kata Ketua Tim Pengabdian, Redempta Wea kepada moral-poitik.com di kampus Politani Kupang, Rabu (12/7/2017) siang.

Wea mengatakan, kegiatan yang ditujukan kepada peternak dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk dapat memanfaatkan feces, ketimbang dibiarkan terbuang percuma pada lahan kosong.

Selain itu, katanya, kegiatan ini bisa mendatangkan peningkatan keuntungan secara ekonomis terhadap penggunaan lahan dengan ditanami berbagai macam tanaman sayuran maupun hijauan makanan ternak.

“Kegiatan tersebut diikuti oleh peternak babi yang terhimpun di dalam kelompok Watu Kusa di bawah pimpinan Aty Bete dan kelompok Het Fen di bawah pimpinan Emerensiana Maria Ona,” tambahnya.

Kedua kelompok peternak itu, sebut dia, diajarkan beberapa metode kegiatan yakni penyuluhan tentang manajemen pemeliharaan ternak babi, pemanfaatan sludge atau limbah biogas sebagai pupuk padat dan cair, serta perhitungan ekonomis sederhana tentang manfaat kegiatan bagi peternak dan demplot tentang pemasangan instalasi biogas, disertai pencampuran feces dan air (1:1) untuk dialirkan ke dalam digester biogas, dan pemanfaatan gas yang terbentuk menjadi sumber bahan bakar kompor gas dengan melakukan penyalaan kompor, pembukaan lahan sebagai kebun contoh pemanfaatan sludge biogas sebagai pupuk, serta melakukan pendampingan pemanfaatan feces sebagai biogas secara kontinyu.

Baca Juga :  Partai Gerindra dukung siapa? Ini penjelasan Esthon L. Foenay !

< 1 2>

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button