Home / Gallery / Soal Absennya Adolf Hitler dalam ‘Dunkirk’ versi Christopher Nolan

Soal Absennya Adolf Hitler dalam ‘Dunkirk’ versi Christopher Nolan

Dunkirk versi Christopher Nolan tidak mencantumkan peran Hitler sama sekali. (Courtesy of Warner Bross)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Sutradara dengan bejibun fans fanatik, Christopher Nolan kini beralih dari luar angkasa Interstellar dan dunia pahlawan super The Dark Knight.

Ia kini menjadi tangan di balik film perang epik yang diinspirasi dari penyelamatan Dunkirk.

Dunkirk—begitu juga ia menamai filmnya—diyakini menjadi film yang mengagumkan, mengingat Nolan kerap melahirkan karya-karya dengan penyajian yang mempesona. Baik dari ide cerita, penokohan yang kuat, dialog satire, visual yang menakjubkan, maupun akhir cerita yang sama sekali tidak retoris, sehingga penonton sibuk berdebat saat keluar dari bioskop.

Sebut saja Memento, The Prestige, trilogi The Dark Night, Inception, dan Interstellar yang berhasil memboyong puja-puji serta diberi nilai di atas delapan oleh situs pendata macam IMDb. Nolan, melalui Dunkirk, disinyalir akan meraih capaian yang sama.

Dunkirk digarap berdasarkan peristiwa bersejarah saat Perang Dunia II baru saja berkecamuk di daratan Eropa. Peristiwa Dunkirk memang termasuk bagian spesial dari PD II.

Jika di Afrika ada perebutan hegemoni yang sangat berisik antara Jerman dan Inggris di Alamein, Mesir, kemudian di Pasifik ada momen pemberian kado bom atom oleh Amerika kepada Jepang, maka di Eropa, ada peristiwa Dunkirk yang bisa disejajarkan spesialnya.

Peristiwa Dunkirk

Peristiwa Dunkirk adalah misi evakuasi sekitar 338 ribu tentara Inggris dan Perancis dari pelabuhan Dunkirk di Perancis utara ke daratan Inggris saat berada dalam kepungan militer Jerman. Peristiwa tersebut terjadi pada tanggal 27 Mei hingga 4 Juni 1940.

Kala itu, tentara Inggris-Perancis terperangkap strategi militer Jerman yang sangat cemerlang. Jerman sengaja memperlihatkan pemusatan militer yang mencolok di wilayah yang berbatasan dengan wilayah Prancis utara usai menaklukkan Belanda dan Belgia.

Baca Juga :  Inilah Hijab Style, Tren Busana Print Kotak-kotak (6)

< 1 2 3 4 5 6 7>

Komentar Anda?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button