Home / Opini / Soal bacaan politik Amien Rais dan ‘Something Wrong’ Jokowi

Soal bacaan politik Amien Rais dan ‘Something Wrong’ Jokowi

Jokowi berikan pembekalan Capaja TNI Polri. ©2017 Merdeka.com/Nur Habibie

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Jusuf Kalla (JK) dibuat gaduh dengan manuver Partai Amanat Nasional (PAN).

Suara desakan agar PAN keluar dari koalisi partai pendukung pemerintah pun menyeruak ke permukaan.

Gara-garanya, PAN tak sejalan dengan pemerintah saat partai pendukung Jokowi bersikap di Revisi Undang-Undang Pemilu. PAN memilih presidential threshold nol persen bersama partai oposisi yakni Gerindra, Demokrat dan PKS.

Puncaknya, saat PAN memutuskan walkout dalam paripurna pengambilan keputusan revisi UU Pemilu pada Kamis (20/7/2017) tengah malam. Padahal, PDIP, Golkar, NasDem, Hanura, PKB dan PPP satu suara dukung presidential threshold 20 persen.

Silang pendapat antara PAN dan partai pendukung Jokowi pun terjadi. Mayoritas partai pendukung Jokowi, sepakat jika PAN didepan dari koalisi pemerintah. Isu reshuffle pun seiring sejalan dengan sikap PAN yang kerap membelot dari pemerintah.

Di tengah kisruh itu, Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais mengusulkan, Menpan RB Asman Abnur yang notabene kader PAN mundur dari kabinet Jokowi. Amien ingin PAN keluar pemerintahan dan berkoalisi dengan rakyat.

“Saya usul supaya Asman Abnur segera keluar dari kabinet. Titik,” tegas Amien Rais.

Baca Juga :  Opini: Rohingya dan Indonesia di tengah kompromi kemanusiaan

< 1 2 3>

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button