Home / Populer / Walikota Salean ungkap angka belanja langsung Pemkot Kipang

Walikota Salean ungkap angka belanja langsung Pemkot Kipang

Walikota Kupang Jonas Salean antri bayar Pajak Bumi dan Bangunan. (foto: kupang.tribunnews.com)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM:  Pemerintah Kota Kupang terus menekan angka belanja tidak langsung, dan menyisihkan sebagian besar anggaran untuk belanja langsung.

Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan pembangunan di Kota Kupang, sekaligus memberikan pelayanan kepada masyarakat selama kurun waktu lima tahun terakhir ini. Dan hingga tahun 2017, angka belanja langsung sudah menembus 49 persen dari total APBD Kota Kupang.

“Awal kami memimpin Kota Kupang, angka belanja langsung hanya 29 persen, namun hingga saat ini angka belanja langsung sudah meningkat menjadi 49 persen,” kata Walikota Kupang Jonas Salean kepada wartawan di Kota Kupang, Sabtu (8/7/2017).

Menurutnya, angka belanja langsung terus meningkat, karena pemerintah lebih mengutamakan efisiensi penggunaan anggaran, sehingga angka belanja langsung lebih ditingkatkan.

Selain efisiensi, angka belanja langsung juga meningkat karena moratorium penerimaan PNS oleh Kemenpan, dalam kurun beberapa tahun terakhir, yang menyebabkan tidak peningkatan belanja pegawai.

“Jumlah PNS di lingkup Pemkot Kupang pada tahun 2012 berjumlah 7000 lebih. Dari jumlah itu, rata-rata ada sebanyak 400 lebih PNS yang pensiun setiap tahunnya, dan ketika moratorium sudah berlangsung selama tiga tahun maka sudah 1000 lebih PNS yang pensiun. Jadi Peningkatatan belanja langsung bukan disebabkan rasionalisasi Pegawai Tidak Tetap (PTT) di lingkup Pemkot Kupang,” tegas Salean.

 

Penulis: Nyongki
Baca Juga :  Kapan TNI gempur kelompok Abu Sayyaf?

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button