Home / Populer / Zulkifli Hasan dan KPPI bahas keterwakilan perempuan dalam politik

Zulkifli Hasan dan KPPI bahas keterwakilan perempuan dalam politik

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Pengaturan keterwakilan perempuan dalam RUU Pemilu yang dinilai jalan di tempat menjadi titik perhatian Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Hal tersebut terlihat dalam pertemuan dengan Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) di Gedung DPR MPR, Jakarta, pada Kamis (6/7/2017) siang.

Menurut Zulkifli, upaya meningkatkan keterwakilan perempuan dalam politik menjadi usaha bersama antara masyarakat sipil dan pihak penyusun dan penentu kebijakan.

Ia mengakui bahwa mencari politisi perempuan berkualitas sangat sulit.

Persoalan lainnya yang menjadi kesulitan parpol adalah membangkitkan antusiasme perempuan untuk terjun ke dalam politik.

Sedikit banyaknya ini diakibatkan kekhawatiran perempuan terkait maraknya praktek politik transaksional di internal partai dalam pencalonan anggota legislatif.

“Kan kadang mereka juga takut mau terjun ke politik eh disuruh bayar, ada mahar politiknya. Jadi seolah olah timbul kesan jadi pemimpin itu butuh uang banyak. Padahal seharusnya tidak,” ungkapnya.

Di sisi lain Zulkifli juga mengingatkan para politisi perempuan untuk menghindari upaya KKN.

“Kan banyak itu misal suaminya selesai nyalon, istrinya kemudian nyalon. Banyak kan yang kena kasus korupsi, jadi kadang enggak sehat juga. KKN harus dihindari oleh politisi perempuan juga,” katanya.

Baca Juga :  Belum bayar honor 2 bulan, 805 PL demo Panwas Kota Kupang

< 1 2 3>

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button