Home / News NTT / BPJS Kesehatan akomodir puluhan ribu warga Kota Kupang

BPJS Kesehatan akomodir puluhan ribu warga Kota Kupang

Ilustrasi. (foto: panduanbpjs.com)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL POLITIK : Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan akan menyertakan puluhan ribu warga miskin Kota Kupang dengan dana yang ditanggung oleh pemerintah melalui APBN.

“Sesuai data yang ada pemerintah dan data BPS, secara keseluruhan ada sebanyak 93 ribu warga miskin di Kota Kupang, namun data tersebut memang bukan data final sebab pemerintah masih melakukan validasi data keluarga miskin yang akan diakomodir sebagai peserta BPJS,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang Ary Wijana kepada moral-politik.com di Balai Kota Kupang, Kamis (31/8/2017).

Menurut dia, sesuai data BPS ada sebanyak 39 ribu warga miskin, namun data tersebut masih beda dengan data pemerintah Kota Kupang, sehingga butuh validasi by name by addres untuk memastikan siapa saja yang layak menerima bantuan pemerintah pusat.

Iniasiatif pemerintah pusat, katanya, mengakomodir warga miskin sebagai peserta BPJS yang preminya dibayarkan melalui APBN, karena sesuai amanat UU layanan dasar kesehatan masyarakat ditanggung oleh pemerintah.

Dikatakan, memang untuk layanan lokal di Kota Kupang sudah ada Jaminan Kesehatan Faerah (Jamkesda) dan layanan kesehatan gratis berbasis e-KTP, namun karena jaminan kesehatan tersebut hanya bisa berlaku di Kota Kupang, sementara kalau warga miskin diintegrasi sebagai peserta BPJS, maka bisa ter-cover ke seluruh rumah sakit swasta, atau bisa juga ada rujukan antar daerah, atau antar wilayaj keluar daerah, bila perlu ke Jakarta atau Denpasar, terutama berkaitan dengan penyakit jantung dan penyakit yang belum ditangani oleh rumah sakit yang berada di Kota Kupang.

Penulis: Nyongki Maulety
Baca Juga :  Harbak PU ke-71! Anwar Pua Geno: Penting ada evaluasi capaian pembangunan infrastruktur

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button