Home / Sport / DPRD Kota Kupang: Penyewaan eks Restoran Teluk Kupang langgar regulasi

DPRD Kota Kupang: Penyewaan eks Restoran Teluk Kupang langgar regulasi

foto: lintasntt.com

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL POLITIK : DPRD Kota Kupang menilai penyewaan lahan eks Restoran Teluk Kupang di Jl. Timor Raya, menyalahi regulasi yang berlaku.

“Penyewaan lahan eks Restoran Teluk Kupang menyalahi¬†Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 26 Tahun 2008 tentang Rencana Tata Ruang Nasional, Undang-Undang Nomor 6 tahun 2007 tentang Penataan Ruang, dan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 9 Tahun 2012 tentang Perubahan Perda Nimor 12 Tahun 2011 tentang Pengaturan Tata Ruang,” kata Anggota DPRD Kota Kupang Daniel Hurek kepada moral-politik.com di Gedung DPRD Kota Kupang, Rabu (9/8/2017) siang.

Menurutnya, ada nggapan bahwa Perda Nomor 9 Tahun 2012 tentang Perubahan Perda Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pengaturan Tata Ruang, merupakan Perda Bodong, namun pembuatan Perda tersebut rujukannya dari UU Nomor 6 Tahun 2007, dan PP Nomor 26 Tahun 2008.

“Dalam ketiga peraturan tersebut jelas-jelas mengatur bahwa kawasan sepadan pantai harus menjadi Ruang Terbuka Hijau. Dan kalaupun dimanfaatkan hanya untuk kegiatan penunjang rekreasi pantai, dan bukan dalam bentuk Hotel, Pusat Perbelanjaan ataupun Restoran,” tambahnya.

Dari ketiga peraturan itu juga menyebut, sambung dia, bahwa sepadan pantai yang berjarak 100 meter dari pasang tertinggi. Kalaupun ada kegiatan hanya menunjang rekreasi pantai, dan intinya tidak mengganggu fungsi lindung kalau ditetapkan sebagai kawasan pariwisata tidak menggangu sumber daya alam yang ada.

“Nah kondisi yang terjadi beda dengan apa yang termuat dalam aturan,” tegas Hurek.

Hurek juga meminta kepada pemerintah untuk meninjau kembali kontrak kerjasama dengan pihak PT. Suba Suka Go, agar masalah penyewaan lahan tersebut tidak berdampak hukum di kemudian hari, sebab sudah ada aturan yang mengatur.

 

Penulis: Nyongki
Baca Juga :  PNS Cukup Rentan Terhadap Narkoba

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button