Home / News NTT / HUT RI ke-72, 68 Narapidana Maumere peroleh remisi

HUT RI ke-72, 68 Narapidana Maumere peroleh remisi

foto: angga lispro/moral-politik.com

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL POLITIK : Memperingati hari ulang tahun (HUT) Republik Indonesia yang ke-72, sebanyak 68 narapidana yang menghuni rumah tahanan Maumere mendapatkan remisi dari Kementerian Hukum dan Ham.

Pemberian remisi tersebut berlangsung Jumat (17/8/2017) di Kantor Rutan Maumere, Kecamatan Alok Timur, Kabupaten Sikka.

“Pada hari kemerdekaan Indonesia yang ke- 72, sebanyak 98 narapidana yang berada di rutan Maumere ini mendapatkan remisi dari Kementerian Hukum dan HAM,” kata Kepala Rutan Maumere, Husdi Ismono kepada moral-politik.com di Maumere, Jumat (17/8/2017) siang.

Menurut Ismono, pemberian remisi tersebut adalah kewajiban negara dalam memenuhi hak-hak narapidana yang diatur dalam Pasal 14 huruf i Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan.

“Remisi merupakan hak yang diberikan terhadap narapidana yang telah berkelakuan baik sehingga mereka berhak mendapatkan remisi tersebut,” tegas dia.

Remisi yang diberikan untuk 1 bulan sebanyak 25 orang, 2 bulan 11 orang, 3 bulan 24 orang, 4 bulan 4 orang, dan 5 bulan 2 orang. Jadi total keseluruhan semua narapidana yang mendapatkan remisi sebanyak 68 orang.

“Pemberian remisi ini sebagai sarana pembinaan bagi warga binaan. Ini merupakan hadiah (reward) bagi narapidana dimana mereka telah memenuhi syarat mutlak mendapatkan remisi adalah berkelakuan baik,” tegasnya.

Berdasarkan pantuan moral-politik.com, selesai pemberian remisi, warga binaan rutan Maumere mengisi acara dengan menyanyikan lagu-lagu perjuangan dengan musik angling, serta mengisi acara dengan tarian dolo-dolo dan tarian ge fa mi re.

 

Penulis: Angga Lispro
Baca Juga :  Mahasiswa PGRI NTT: Winston Rondo bergaya Pilatus

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button