Home / Populer / Inilah Masjid tempat hukum pancung Arab Saudi

Inilah Masjid tempat hukum pancung Arab Saudi

Penampakan salah satu sudut masjid Qisas di Arab Saudi. Masjid ini kerpa digunakan untuk keperluan hukum pancung terhadap pelaku kejahatan, Jumat (11/8/2017) (Photo : VIVA.co.id/Eko Priliawito)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL POLITIK : Di Arab Saudi, ada tempat khusus yang disediakan untuk pelaksanaan qisas atau eksekusi mati dengan cara memenggal kepala.

Mayoritas Muslim tentu pernah mendengar sekaligus memahami istilah qisas. Prinsip hukum yang mensyaratkan pembalasan setara. Contohnya, dalam kasus pembunuhan, jika seseorang membunuh korbannya hingga mati maka si pelaku harus dihukum mati pula. Hukuman mati juga diterapkan bagi bandar narkoba.

Qisas diterapkan oleh negara-negara yang memberlakukan syariat Islam. Salah satunya adalah Arab Saudi. Di Arab Saudi bahkan ada satu tempat khusus yang memang disediakan untuk pelaksanaan qisas atau eksekusi mati dengan cara memenggal kepala.

Adalah Masjid Jafali atau yang biasa dikenal masjid qisas. Masjid yang terletak di Balad Jeddah, berhadapan langsung dengan Departemen Luar Negeri Kerajaan Arab Saudi. Lokasinya tepat di antara Jalan Bagdadiyah, Jalan Syeikh Al Juffali dan Jalan Madinah.

Pada Jumat, 11 Agustus 2017, tim Media Center Haji berkesempatan melaksanakan salat Jumat di masjid ini. Meski digunakan sebagai tempat qisas, tempat ini sama sekali tak terkesan menyeramkan.

Tak jauh berbeda dengan masjid kebanyakan, pelataran parkir masjid ini bahkan kerap digunakan anak-anak sebagai arena bermain.

Masjid Qisas di Arab Saudi

FOTO: Penampakan Masjid Qisas dari kejauhan. Terdapat larangan memotret di masjid ini/Eko Priliawito

 

Meski secara umum tak menyeramkan, ada satu sudut masjid yang menjadi lokasi eksekusi mati atau hukuman pancung. Posisinya persis di samping masjid. Luasnya 25 meter per segi dan berlantai keramik.

Baca Juga :  Anggota DPR penerima uang SKK Migas diminta mundur

< 1 2 3>

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button