Home / Populer / Jokowi minta tak cepat puas meski sudah meraih hal positif

Jokowi minta tak cepat puas meski sudah meraih hal positif

Foto: Jokowi-JK pakai baju adat. (Andhika Prasetia/detikcom)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL POLITIK : Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta semua pihak tidak cepat puas meskipun sudah meraih hal-hal positif dalam tiga tahun terakhir.

Di antaranya terkait dengan Indeks Pembangunan Manusia dan gini rasio atau ketimpangan pendapatan masyarakat.

Pemerataan ekonomi harus dilanjutkan ke depannya. Sehingga tidak ada rakyat yang merasa menjadi warga kelas dua maupun kelas tiga.

“Saya yakin hanya dengan pemerataan ekonomi yang berkeadilan, kita akan semakin bersatu. Pembangunan yang merata akan mempersatukan Indonesia. Pembangunan yang berkeadilan akan membuat kita semakin kuat dalam menghadapi persaingan global,” kata Jokowi dalam sidang tahunan MPR/DPR/DPD RI, Rabu (16/8/2017).

“Tidak ada yang merasa menjadi warga negara kelas dua, warga negara kelas tiga. Karena semuanya adalah warga negara Republik Indonesia. Semuanya, setara mendapatkan manfaat dari pembangunan. Semuanya ikut terlibat mengambil tanggung jawab dalam kerja bersama membangun bangsa,” paparnya.

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) kita naik dari 68,90 di tahun 2014 menjadi 70,18 di tahun 2016. Sementara itu Indeks Gini Rasio bisa kita turunkan dari 0,414 pada September 2014 menjadi 0,393 pada Maret 2017.

“Kita juga harus terus berupaya menekan ketimpangan pendapatan,” imbuhnya.

 

Penulis  : mkj
Editor    : ang, erny
Sumber : detik.com
Baca Juga :  Muchtar Effendi: Elektabilitas Jokowi turun terus

Komentar Anda?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button