Home / Populer / Malaysia investasikan Dana Haji sejak 1963, rambah berbagai negara

Malaysia investasikan Dana Haji sejak 1963, rambah berbagai negara

Acara Pelepsan calon jamaah haji asal Kabupaten Seram Bagian Timur di Masjid Raya Bula, Rabu (2/8/2017)(Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL POLITIK : Pengelolaan dana haji Indonesia untuk Investasi tertinggal jauh dari Malaysia.

Negeri Jiran itu bahkan sudah mengivestasikan dana hajinya sejak 1963.

Sekarang, investasi dana haji Malaysia tidak hanya di dalam negeri, namun sudah merambah ke sejumlah negara lain yaitu Australia, Singapura, Hong Kong, Indonesia, hingga Korea Selatan.

“Jadi mereka sudah diinvestasikan dana hajinya dimana-mana,” ujar Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Bojonegoro dalam acara diskusi akhir pekan lalu.

Lembaga Tabung Haji Malaysia (LTHM) menyasar investasi dana haji Malaysia di sektor-sektor yang menguntungkan, berkelanjutan, kompetitif, dan memiliki tingkat risiko yang wajar di lihat dari kondisi pasar.

Di dalam negerinya misalnya, dana haji diinvestasikan ke berbagai sektor mulai perdagangan dan jasa, keuangan, perkebunan, kelistrikan, hingga perumahan. Bahkan LTHM sudah memiliki beberapa anak perusahaan.

Saat ini aset bersih LTHM sudah mencapai 59,5 miliar ringgit, atau sekitar Rp 180 triliun. Setiap tahun, keuntungan investasi dana hajinya mencapai Rp 8 triliun.

Berkat investasi dana haji, Malaysia mampu meringankan separuh dari biaya haji yang wajib dibayar oleh jamaah hajinya dari 19.550 ringgit (Rp 60 juta) menjadi 9.980 ringgit (Rp 30 juta).

Baca Juga :  Polri Usut Lambang Garuda Merah, Kubu Prabowo-Hatta kaget

< 1 2>

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button