Home / Sejarah / Mencermati hasil pertemuan Jokowi dengan Sekjen Partai Komunis Vietnam

Mencermati hasil pertemuan Jokowi dengan Sekjen Partai Komunis Vietnam

Presiden Jokowi dan Sekjen Partai Komunis Vietnam. ©2017 merdeka.com/rizky andwika

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL POLITIK : Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut kedatangan Sekjen Partai Komunis Vietnam, Nguyen Phu Trong di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/8).

Nguyen bersama rombongan tiba di Istana sekitar pukul 10.30 WIB.

Jokowi menyambut langsung kedatangan Nguyen. Seusai prosesi penyambutan tersebut, dilanjutkan dengan upacara kenegaraan. Upacara kenegaraan dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan dari kedua negara.

Seusai mendengarkan lagu kebangsaan kedua negara, Presiden Jokowi dan Nguyen memberikan hormat kepada bendera negara masing-masing. Setelah itu, keduanya masuk ke dalam Istana Merdeka.

Pertemuan Jokowi dengan Nguyen menghasilkan beberapa kerja sama antar kedua negara maupun perusahaan BUMN. Diharapkan, kerja sama ini bisa menguntungkan bagi kedua negara.

Seperti diketahui, Vietnam sudah menjadi mitra strategis Indonesia sejak 2013 lalu. Pada pertemuan 7 Oktober tahun sama, Indonesia-Vietnam telah menyepakati rencana aksi yang akan dilakukan dari 2014 sampai 2018.

“Vietnam adalah negara di kawasan dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi hingga mencapai enam persen pada 2016 lalu. Kedua negara mencapai angka perdagangan senilai USD 6,2 miliar PADA 2016 dan Indonesia juga menanam modal di properti, obat-obatan, dan makanan dengan total USD 2 miliar,” ucap Dirjen Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri, Desra Percaya.

Dengan kunjungan ini, Indonesia berharap kedua negara akan mengembangkan kerja sama yang lebih luas lagi. Terlebih sebagai negara-negara anggota ASEAN, sudah sepatutnya tercipta kerja sama agar stabilitas dan hubungan di kawasan tetap terjaga.

Berikut hasil pertemuan Jokowi dengan Sekjen Parta Komunis Vietnam seperti dirangkum merdeka.com.

Baca Juga :  Jelang HUT RI ke-71, Gubernur NTT: Indonesia kerja nyata, melalui 8 Agenda Pembangunan !

< 1 2 3 4>

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button