MORAL POLITIK : Presiden Joko Widodo mengajak Presiden ketiga Bacharudin Jusuf Habibie, Presiden kelima Megawati Soekarnoputri, dan Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono untuk foto bersama.

Momen tersebut terjadi usai upacara bendera peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia, di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2017).

Begitu upacara selesai dilakukan, Jokowi langsung masuk kedalam Istana Merdeka diikuti para tamu VVIP nya tersebut. Karena berlangsung di dalam istana merdeka, para tamu undangan yang hadir tak bisa melihat langsung momen keakraban presiden dan para mantan presiden tersebut.

Namun, momen tersebut tertangkap kamera yang disiarkan langsung ke tenda-tenda tempat duduk para tamu undangan.

Megawati mengambil posisi paling tengah diapit Jokowi dan JK. Habibie berada pada posisi paling kanan di sebelah Iriana.

Sementara SBY dan istrinya Ani Yudhoyono mengambil posisi paling kiri di sebelah Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Mufidah Kalla.

Setelah sesi pertama, tamu yang ikut foto bertambah, mulai dari mantan Wakil Presiden Boediono dan istri Presiden keempat Abdurrahman Wahid, Sinta Nuriyah.

Ini adalah pertama kalinya SBY menghadiri upacara kemerdekaan di Istana setelah lengser sebagai Presiden keenam RI. Pada HUT RI tahun 2015 dan 2016 lalu, SBY lebih memilih merayakan kemerdekaan di kampung halamannya di Pacitan.

Baca Juga :  Prabowo gelar Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-72 di UBK Jakarta