Home / News NTT / Pemkot Kupang dan Kemenkes Deteksi Hepatitis B

Pemkot Kupang dan Kemenkes Deteksi Hepatitis B

Ary Wijana (kanan). foto: kupang.tribunnews.com

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL POLIITK : Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kupang bersama Kementerian Kesehatan dan Puskesmas se-Kota Kupang telah melakukan deteksi dini Hepatitis B bagi ibu hamil (Bumil).

Kegiatan itu bertujuan untuk mencegah penularan penyakit Hepatitis, terutama dari ibu hamil kepada anak yang dikandungnya, dan telah berlangsung di Balai Kota Kupang, kemarin, Jumat (11/8/2017).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang dr. Ary Wijana mengatakan, Kota Kupang adalah salah daerah pilot project yang dipilih Kementerian Kesehatan untuk kegiatan ini. Oleh karena itu, Dinkes langsung merespon dan telah melakukan pemeriksaan kepada ibu hamil di Kota Kupang.

Menurutnya, pertemuan yang dilakukan berkaitan dengan penanganan kasus hepatisis B. Salah satu proses penanganannya sebagai upaya preventif yaitu melalui imunisasi. Belum lama ini Dinkes telah melakukan pemeriksaan terhadap ibu hamil dan juga terhadap kelompok masyarakat, termasuk tenaga kesehatan.

Wijana merincikan, sesuai hasil deteksi dini bagi ibu hamil diperoleh 3,5 persen dari 307 bumil yang diperiksa berisiko hepatitis. Sedangkan kelompok masyarakat yang beresiko lainnnya, tambah Wijana, sebanyak 4,4 persen. angka tersebut baru berupa sampel, yakni 45 orang.

Ia menambahkan, penyebab penularan penyakit ini yakni salah satunya melalui perpindahan darah. Perpindahan darah itu seperti virus lain, yakni HIV/AIDS, serta tranfusi darah dari ibu kepada bayi yang kandungnya.

Oleh karena itu, tambahnya, melalui pertemuan yang digelar, prioritas utama yang dilakukan dinas adalah penanganan pada ibu hamil.

Baca Juga :  Sedihnya wajah pendidikan kita di Kabupaten Kupang

< 1 2>

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button