Home / Populer / Persiapan Partai Demokrat Gugat UU Pemilu ke MK

Persiapan Partai Demokrat Gugat UU Pemilu ke MK

Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Panjaitan bersama Wakilnya, Didi Irawadi menyambangi gedung Mahkamah Konstitusi (MK) di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (2/8/2017).(Fachri Fachrudin)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL POLITIK : Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Panjaitan bersama Wakilnya, Didi Irawadi menyambangi Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (2/8/2017).

Hinca mengaku, kedatangannya untuk berkonsultasi perihal pengajuan uji materi terhadap Undang-Undang Pemilu yang disetujui oleh DPR pada 21 Juli 2017 lalu.

Demokrat ingin memastikan sudah ada atau tidak pihak yang mengajukan permohonan uji materi terkait UU pemilu tersebut.

“Kami ingin berkomunikasi dengan sekretariat atau juru bicara MK, apakah informasi yang berkenaan dengan itu sudah ada,” kata Hinca di MK, Jakarta Pusat, Rabu.

“Kami juga ingin melihat apakah masyarakat sipil maupun parpol lain juga sudah melakukan sesuatu follow up,” kata Hinca.

Demokrat, kata Hinca, siap mengajukan uji materi ke MK. Demokrat merasa syarat ambang batas pengajuan calon presiden atau presidensial treshold merugikan hak konstitusional pihaknya.

Dalam UU Pemilu, presidensial treshold yang ditetapkan sebesar 20 persen kursi atau 25 persen suara sah nasional.

“Materi dan substansinya sudah kami bicarakan di partai. Kami siap melakukan upaya judicial review,” kata Hinca.

Baca Juga :  Menghitung menit-menit kala senja di Pantai Kuta

< 1 2>

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button