Home / Opini / Prabowo hampir pasti menjadi Presiden pada Pilpres 2019?

Prabowo hampir pasti menjadi Presiden pada Pilpres 2019?

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL POLITIK : Dalam berpolitik, ketangguhan dan sifat ngotot itu sangatlah penting.

Keduanya dimiliki oleh politikus Prabowo Subianto. Namun bisakah modal itu, bersama modal politik lain, membawa Prabowo menduduki kursi Presiden pada 2019?

Pada Pilpres 2014 lalu, Prabowo hampir dipastikan menjadi Presiden. Berbagai jajak pendapat mengunggulkan namanya. Mahfud MD yang kala itu juga populer karena terobosannya sebagai ketua MK, menyusul di nomor dua. Tapi mendadak situasi berubah ketika nama Jokowi dimunculkan. Pelan tapi pasti, Jokowi menyalip Prabowo, dan akhirnya kita semua tahu siapa yang menjadi Presiden RI.

Usai Pilpres, manuver oposan yang dipimpin langsung oleh Gerindra sempat menguat. Tapi satu persatu, kekuatan oposisi mulai berbalik. Prabowo-Gerindra nyaris terasing bersama PKS di luar pagar kekuasaan. Oposisi menjadi lesu dan kurang darah.

Tapi politik kembali menggeliat ketika Pilgub DKI digelar. Kemenangan Anies-Sandi, mengerek kembali pamor Gerindra dan Prabowo. Dalam berbagai jajak pendapat, Gerindra mulai memepet PDIP; dan Prabowo, yang sebelumnya jauh di bawah Jokowi, kembali menempel ketat inkamben.

Di titik inilah, Prabowo tampaknya menemukan kepercayaan diri kembali. Pilkada serentak yang akan digelar tahun depan (2018), menjadi titik pijak Prabowo selanjutnya.

Di Jabar, jika melihat tren yang terjadi, hampir bisa dipastikan koalisi Gerindra dan PKS akan menang. Sebelumnya, di Jawa, Gerindra sudah memenangi dua provinsi. Selain DKI Jakarta, calon yang diusung salah satunya oleh Gerindra juga menang di Banten, mengalahkan calon yang diusung PDIP.

Jika Jabar hampir dipastikan dimenangi oleh calon yang nanti diusung oleh Gerindra-PKS, pertaruhan Prabowo tinggal di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Tampaknya, untuk Jateng, Gerindra akan sulit menang. Sementara di Jatim, sejak awal Gerindra bersiap melawan Gus Ipul, yang sudah diusung PKB dan kemungkinan besar juga diusung PDIP.

Baca Juga :  Opini: Keresahan mempersatukan, berharap tak jadi urutan pertama

< 1 2 3 4>

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button