Home / Populer / 30 Warga PSHT asal Timor Leste dideportasi Imigrasi Atambua

30 Warga PSHT asal Timor Leste dideportasi Imigrasi Atambua

Inilah 30 warga Timor Leste yang diamankan pihak Satpol Air Atapupu.

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL POLITIK : Pihak Imigrasi Atambua mendeportasi 30 orang Warga Perguruan Setia Hati Terate (PSHT) asal Timor Leste di PLBN Mota’ain, Dusun Mota’ain, Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Kamis (28/9/2017).

Mereka masuk melalui jalur laut tanpa memiliki dokumen yang lengkap.

Pada hari Rabu (27/9/2017) sekitar pukul 20.00 WITA, ke-30 orang WNTL tersebut berangkat dari perairan Batugede, Timor Leste menuju Atapupu, Kabupaten Belu, melalui jalur laut. Mereka saat itu menggunakan Perahu Motor.

Ketika sampai di perairan Atapupu, mereka dihadang oleh anggota Sat Pol Air Polres Belu yang saat itu sedang mengadakan patroli. Maka anggota Sat Pol Air pun segera menggiring mereka menuju ke pesisir pantai Atapupu. Disana, ke-30 orang tersebut ditanyai terkait dokumen keimigrasian. Namun, tak satu pun dari mereka memiliki dokumen keimigrasian yang lengkap.

Tak ingin salah langkah, sekitar puukul 21.00 WITA, pihak Sat Pol Air Polres Belu pun segera berkoordinasi dengan pihak Imigrasi Atambua terkait dengan penangkapan tersebut. Maka pihak imigrasi dan Sat Pol Air segera membawa ke-30 WNTL tersebut ke Kantor Imigrasi Atambua untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Dari hasil pemeriksaan tersebut, dinyatakan ke-30 WNTL tersebut masuk ke wilayah Indonesia secara ilegal tanpa memiliki dokumen keimigrasian yang lengkap.

Dikatakan, mereka masuk ke wilayah Indonesia secara ilegal dengan tujuan ingin mengikuti latihan PSHT di Atambua, Kabupaten Belu.

Setelah melakukan pemeriksaan, pihak imigrasi segera mendeportasi 30 orang WNTL tersebu ke Timor Leste Melalui PLBN Mota’ain, Kamis (28/9/2017) sekitar pukul 21.30 WITA. Pendeportasian ini berjalan dengan lancar dan diterima langsung boleh pihak Imigrasi Timor Leste.

 

 

 

Penulis  : Richi Anyan
Editor    : Athen
Sumber : Kilastimor.com

Baca Juga :  Tekad Jonas Salean memerdalam kemitraan dengan media

Komentar Anda?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button