Home / News NTT / Bimtek Fasilitasi Pengkajian Kebutuhan Pascabencana di Maumere

Bimtek Fasilitasi Pengkajian Kebutuhan Pascabencana di Maumere

foto: angga lispro/moral-politik.com

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL POLITIK : Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekontruksi mengadakan kegiatan bimbingan teknis (Bimtek).

Bimtek tersebut dalam rangka Fasilitasi Pengkajian Kebutuhan Pascabencana (JITUPASNA). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh kepala pelaksana BPBD yang ada di seluruh ke Pulau Flores dan berlangsung Senin (11/9/2017) di Hotel Silvia, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka.

Kepala Deputi bidang Rehabilitasi dan Rekontruksi Makbul mengatakan, JITUPASNA adalah sebagai langkah awal penyamaan persepsi atas peniliaian akibat dan dampak serta kebutuhan pascabencana yang akan menjadi bahan penyusunan rencana aksi rehabilitasi dan rekontruksi pascabencana serta penentuan prioritas kegiatan rehabilitasi dan rekontruksi.

Hasil kajian kebutuhan pascabencana, katanya, merupakan salah satu syarat untuk melengkapi proposal usulan hibah bantuan dana rehabilitasi dan rekonstruksi yang disampaikan oleh pemda ke pemerintah pusat (BNPB). Oleh sebab itu, pertemuan ini kami anggap sangat penting bagi semua pemangku kepentingan terutama apatur BNPB, BPBD provinsi atau kabupaten kota dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana pada tahap pascabencana.

Makbul menjelaskan, tujuan utama diselenggarakan JITUPASNA adalah untuk memperkuat kapasitas sumber daya manusia pada bidang rehabilitasi dan rekonstruksi sehingga mempunyai persepsi, pemahaman yang sama mengenai pengkajian kebutuhan pasca bencan serta mampu menyusun dokumen rencana aksi rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana.

Ia juga berharap, peserta dapat menjadi pionir dalam penyusunan dokumen rencana aksi rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana mulai dari perhitungan akibat dampak dan kebutuhan pada kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi.

“Saya menghimbau kepada semua peserta untuk dapat menjadi peserta yang aktif dan dapat mengikuti pelatihan sampai selesai,” pungkas dia.

 

 

 

Penulis: Angga Lispro

Baca Juga :  Pemkot Kupang mulai persiapkan pelantikan Jefri-Hermanus

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button