Home / Populer / Catatan dari Forum Investasi Ketiga Wilayah Konjen Republik Rakyat Tiongkok

Catatan dari Forum Investasi Ketiga Wilayah Konjen Republik Rakyat Tiongkok

Konsulat Jenderal RRT Denpasar, Mr. Hu Yinquan. (foto: semard dju/moral-politik.com)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL POLITIK : Konsulat Jenderal RRT Denpasar, Mr. Hu Yinquan mengatakan bahwa Indonesia dan Tiongkok memiliki hubungan dagang yang terus membaik.

“Tiongkok merupakan salah satu negara mitra yang memiliki investasi besar di Indonesia. Total investasi Tiongkok dalam berbagai bidang usaha di Indonesia sudah mencapai sekitar 15,6 miliar dollar Amerika. Dari periode Januari sampai dengan Juni 2017, total investasi baru Tiongkok mencapai sekitar 1,955 miliar dolar Amerika atau meningkat 92 % jika dibandingkan periode sebelumnya pada tahun lalu,” kata Mr. Hu pada acara pembukaan kegiatan Forum Investasi Ketiga Wilayah Konjen Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Denpasar di Hotel Aston, Kota Kupang, Rabu (6/9/2017).

Mr. Hu menambahkan, dibandingkan daerah lainnya di Indonesia, nilai investasi Tiongkok di tiga wilayah Konjen Denpasar (NTT, NTB dan Bali) sangat kecil, hanya sekitar 3 jutaan dollar Amerika di Tahun 2016.

foto: semard dju/moral-politik.com

 

Dirinya berharap, dengan forum ini semakin meningkatkan pemahaman dua belah pihak dalam melihat peluang investasi di tiga wilayah ini khususnya di NTT.

Mr. Lin Cheng

Lebih lanjut Ketua Asosiasi Pengusaha Tiongkok di Indonesia Mr. Lin Cheng dalam sambutannya mengapresiasi dukungan dan perhatian dari Gubernur NTT sejak Forum tersebut digelar pertama kalinya di Denpasar pada tahun 2014.

“Selama ini, para pengusaha Tiongkok lebih banyak bergerak di daerah Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. Padahal NTT punya banyak potensi investasi seperti pariwisata, infrastruktur, energi dan peternakan. Saya membawa pengusaha-pengusaha terbaik dalam bidangnya di forum ini, agar mereka dapat mengenal lebih dekat potensi di daerah ini dan bisa menanamkan modalnya di NTT,” jelas Lin.

 

 

Penulis: Semard Dju

 

 

Baca Juga :  Telah 387 orang pengungsi bajir di Kampung Pulo, Jakarta

 

 

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button