Home / News NTT / Inilah tahapan lanjutan pembangunan Jembatan Pancasila Palmerah (3)

Inilah tahapan lanjutan pembangunan Jembatan Pancasila Palmerah (3)

foto: v.j. boekan.

Bagikan Halaman ini

Share Button

Informasi yang kami peroleh bahwa harga solar untuk menggerakan listrik oleh PLN adalah 9 sen dolar, apakah dengan harga yang di tawarkan oleh Tidal Bridge BV sebesar 7,18 sen dolar merupakan salah satu keyakinan PLN akan menerima tawaran dari Pemprov NTT?

Memang informasi itu juga kami peroleh bahwa biaya operasional PLN untuk menggerakan listrik dengan kekuatan 1 KWH sebesar 9 sen dolar AS, berarti tawaran Tidal Bridge BV dengan menggunakan energi baru terbarukan dari arus laut, masih lebih murah hampir 2 sen dolar. Tentu saja dari aspek bisnis PLN untung, tapi kita belum bersua dengan PLN sehingga belum bisa memastikan apakah mereka tertarik dengan harga yang lebih murah atau bagaimana.

Anda sepakat atau tidak, energi yang bakal dihasilkan oleh arus laut di Selat Gonzalu bukan saja lebih murah tapi ramah lingkungan?

Tentu saja setuju. Sebab listrik yang bakal dihasilkan dari kekuatan arus laut itu sangat spesifik, bukan menggunakan solar atau batu bara sehingga rentan menimbulkan polusi karena mengeluarkan asap hitam yang bisa merambat kemana-mana. Kekuatan arus laut berputarnya di dasar laut, mana ada polusinya? Selain itu tak ada efek rumah kaca yang berakibat pengeluaran biaya untuk mengatasinya. Itu yang menyebabkan Jembatan Pancasila Palmerah sangat higt conik, potensi yang akan di jual juga, higt conik adalah yang pertama di dunia. Inilah pernyataan mereka berdasarkan pengetahuan dan observasi cukup mendalam.

Inilah tahapan lanjutan pembangunan Jembatan Pancasila Palmerah (1)

Bagaimana Anda melihat energi yang dihasilkan dari air dan angin?

Menurut hasil pembelajaran, pengamatan, dan pengkajian bahwa energi yang dihasilkan dari air dan angin itu hal yang biasa atau lazim, begitupun dengan anergi arus laut. Tapi energi arus laut yang dihasilkan dari turbin yang digantung di jembatan itu tak lazim. Hal itu dari kekuatan arus laut yang hanya bakal terjadi di Selat Gonzalu Kabupaten Flores Timur, nanti.

Baca Juga :  Jembatan Pancasila Palmerah berawal dari Kebutuhan, Potensi, dan Teknologi

< 1 2>

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button