Home / News NTT / Inilah tahapan lanjutan pembangunan Jembatan Pancasila Palmerah (4)

Inilah tahapan lanjutan pembangunan Jembatan Pancasila Palmerah (4)

foto: v.j. boekan.

Bagikan Halaman ini

Share Button

Langkah Pemerintah Provinsi NTT dalam hal ini Dinas PUPR NTT sudah cukup jauh dan bisa disimpulkan telah menorehkan kemajuan yang cukup flamboyant. Pertanyaannya, apakah Anda telah mengajak Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPMD) NTT untuk duduk satu meja guna membicarakan kebijakan-kebijakan yang bakal di tempuh oleh pihak mereka menuju ke GB dan Launching mendatang? Terutama mengenai kontribusi yang akan di peroleh Pemprov NTT,  dan Kabupaten Flotim?

Itu kemarin yang sudah saya tanyakan kepada Menteri Luhut. Pak Luhut, Pemprov NTT dan Pemkab Flotim dapat apa? Katanya, sudahlah kita tidak usah dapat apa-apa. Kita dapat yang namanya Multiplier Effects (ME). Kenapa? Kita bisa memperolehnya dari kegiatan-kegiatan kepariwisataan, industri kecil, transportasi, dan hal-hal lainnya. Jadi tidak usah Pemda memperoleh bagian khusus.

Seingat saya, dulu Menteri Luhut pernah bilang Pemda juga mendapat bagian. Apakah beliau sudah lupa?

Ia benar, dulu beliau bilang Pemda akan kebagian. Tetapi kemarin beliau bilang kepada saya Pemda tidak usah mendapat bagian khusus. Ambil ME saja. Sudahlah sekarang ini kita tidak bisa kerja sembarangan lagi. Artinya kalau disepakati konsesi itu, berarti kita tidak bisa kerja sembarangan. Tapi artinya jangan kita pasang permintaan semacam itu yang mendampak pada investor terbebani. Malah kita dorong dia untuk keluarkan duitnya, kita dapat ME.

Jembatan Pancasila Palmerah, seberapa penting diperjuangkan Gubernur NTT?

Tapi seyogyanya kita sudah mendapat banyak hal, ‘kan?

Tentu saja. Kita kan dapat jembatan, dapat listrik sebesar 25 MW tentu akan ada banyak manfaatnya bagi masyarakat, minimal di 6 kabupaten di Flores dan Lembata. Kita bisa kembangkan kepariwisataan, home industry, home stay, hotel, kemungkinan-kemungkinan merubah air laut menjadi air tawar. Itu makanya kita sekarang ini harus kerja dulu, jangan pikir soal bagian kita untuk tingkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Banyak cara yang bisa kita tempuh untuk tingkatkan PAD dari ME jembatan kita itu.

Inilah tahapan lanjutan pembangunan Jembatan Pancasila Palmerah (1)

Tapi apakah investor juga menutup pintunya untuk membagikan hasilnya kepada Pemda?

Baca Juga :  Dirut BEI Indonesia Resmikan Galeri Investasi di NTT

< 1 2>

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button