Home / Gaya Hidup / Istri takut pakai kontrasepsi, ini solusi terbaik…

Istri takut pakai kontrasepsi, ini solusi terbaik…

Ilustrasi istri hamil(Creatas Images)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL POLITIK : Pemakaian kontrasepsi pada perempuan seringkali diabaikan karena alasan tertentu, mulai dari rasa takut sakit, takut menjadi gemuk, hingga pendarahan–yang sebenarnya bisa dibilang sebagai mitos.

Bila ketakutan istri muncul, apa yang harus dilakukan suami? Berikut tips dari dr Tirsa Verani SpOG.

1. Jangan ikut takut

Ketakutan memakai kontrasepsi pada perempuan umum terjadi. Apalagi pada waktu pasca-melahirkan. Misalnya, metode KB intrauterine device (IUD) atau spiral sering dianggap menimbulkan rasa sakit dan risiko lain. Padahal, metode tersebut sudah diakui efektivitas pencegahan kehamilan.

Umumnya suami, kata Tirsa, juga malah merasa takut dan menyarankan istri agar tidak mengambil metode KB. “Kalau punya pengetahuan lebih banyak, jelasin dulu (benefit KB), tapi disarankan ke petugas kesehatan. Bisa ke bidan, dokter umum datau kandungan,” kata Tirsa kepada Kompas Lifestyle, Jakarta, Selasa (26/9/2017).

Cara itu lebih baik dibanding mendengarkan orang lain seperti tetangga atau teman yang tidak memiliki kompetensi soal KB. Selain itu, bila sudah memutuskan ke dokter, maka bisa dikumpulkan lebih dulu pertanyaan-pertanyaan seputar kontrasepsi tersebut.

“Tanyain semua. Jangan sampai baru balik dari dokter malah enggak dapat informasi yang tepat karena tidak bertanya menyeluruh,” ujar Tirsa.

2. Direncanakan

Tirsa juga menyarankan agar pemasangan kontrasepsi perempuan dibicarakan lebih awal, yakni saat masa kehamilan. Pembicaraan itu sekaligus sebagai persiapan pemasangan KB setelah melahirkan. “Sekarang kan sudah ada KB habis lahiran sudah bisa langsung dipasang,” katanya.

Baca Juga :  Cerita si janda yang siap dinikahi jika membeli rumahnya, nasibnya mengejutkan

< 1 2>

Komentar Anda?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button