Home / News NTT / Pemkot Kupang mulai tertibkan Pungli di parkiran

Pemkot Kupang mulai tertibkan Pungli di parkiran

Ilustrasi. (foto: lintasntt.com)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL POLITIK : Kepala Dinas Perhubungan Kota Kupang Yogerens Leka akan gencar melakukan penertiban terhadap Pungutan Liar (Pungli) di tempat-tempat parkiran Kota Kupang.

“Salah satu contoh penertiban Pungli tempat parkir yang sudah dilakukan dan berhasil ditangkap tangan oleh Dinas Perhubungan, adalah penertiban pemungutan parkir tanpa karcis di kawasan belakang hotel On The Rock Kupang,” kata Leka kepada wartawan di kota Kupang, Kamis (28/9/2017) siang.

Menurut Leka, penertiban yang berujung pada Operasi Tangkap Tangan (OTT) tersebut, dilakukan Dinas Perhubungan sesuai arahan Walikota Kupang Jefritson Riwu Kore (Jeriko) berdasarkan informasi dari masyarakat.

Dalam melakukan penertiban, pihaknya selalu menggunakan pendekatan posesif terhadap pelaku Pungli. Setelah itu, pelaku sebagai pengelola parkir tersebut akan diminta agar melakukan kerjasama dengan Dinas Perhubungan, sebelum menjalankan kembali bisnis parkiran tersebut.

Leka mengaku, agar penertiban yang dilakukan Dinas Perhubungan dapat berjalan lancar dan sesuai aturan, maka pihaknya telah menggandeng Satuan Polisi Pamong Praja sebagai penegak Peraturan Daerah (Perda) dan pihak Kepolisian sebagai penegak hukum yang memiliki kewenangan OTT.

Selain melakukan penertiban di belakang hotel On The Rock, Leka mengatakan, pihaknya juga telah melakukan penertiban di 20 lokasi Pungli, atau Pungli parkiran lainnya yang ada di Kota Kupang. Termasuk salah satunya adalah parkiran tanpa karcis Dinas Perhubungan di lokasi halaman Toko Barata Kupang.

Khusus untuk lokasi parkiran di Toko Barata, menurut Leka, saat ini pihak pengelola parkir sudah mau melakukan kerjasama dengan Dinas Perhubungan Kota Kupang. Kerjasama tersebut sudah dilakukan sejak hari Selasa, 26 September 2017 kemarin, usai parkiran tersebut ditertibkan oleh Dinas Perhubungan.

Agar praktek Pungli pada lokasi parkiran di Kota Kupang bisa teratasi secara baik, Leka juga meminta agar Satgas Saber Pungli Kota Kupang dapat bekerja lebih keras melakukan pemantauan serta pengawasan dan penertiban pada lokasi-lokasi yang dinilai ada aktivitas Pungli.

Baca Juga :  DPRD Sikka soroti Yayasan Nusa Nipa Maumere

< 1 2>

Komentar Anda?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button