Home / News NTT / RDP Pemkot Kupang dengan DPRD soal pelayanan Dispendukcapil

RDP Pemkot Kupang dengan DPRD soal pelayanan Dispendukcapil

Kepala Dispendukcapil Kota Kupang David Mangi. (foto: nyongki/moral-politik.com)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL POLITIK : Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Kupang David Mangi berjanji akan membenahi pelayanani Adminstrasi Kependudukan (Adiminduk).

Janji itu khususnnya berkaitan dengan pelayanan e-KTP bagi warga Kota Kupang. Namun untuk membenahi pelayanan, Dinspendukcapil butuh dukungan dari DPRD dan masyarakat Kota Kupang.

“Selama ini kami akui bahwa pelayanan Adminduk sungguh mengecewakan, namun terhambatnya pelayanan bukan sepenuhnya kesalahan kami. Ada beberapa persoalan teknis, terutama peralatan pendukung pelayanan Adminduk yang mengalami kerusakan sehingga pelayanan mengalami hambatan,” kata Kadispendukcapil Kota Kupang David Mangi saat digelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi I, dan Pemerintah Kota Kupang.

Sebelumnya media ini pernah mewartakan:

Inilah kejujuran Kadis Mangi soal perekaman e-KTP

Mangi mengaku, pelayanan Adminduk khususnya e-KTP di Kota Kupang tidak bisa berjalan dengan baik, karena dua server yang menampung data masyarakat yang melakukan perekaman e-KTP mengalami kerusakan, sehingga pelayanan mengalami terhambat.

Selain itu, kata Mangi, mesin pencetakan e-KTP hanya satu unit yang tersedia, itupun dengan kapasitas pencetakan yang minim. Belum lagi masalah jaringan internet juga sering menjadi bagian penting yang menyebabkan terhambatnya proses pembuatan e-KTP secara keseluruhan.

Untuk itu, tambahnya, butuh pembenahan yang besar dengan mengadakan kembali peralatan-peralatan yang memadai untuk meningkatkan pelayanan. Sesuai pengitungan dari dinas, untuk membenahi pembenahan Adminduk, butuh biaya sebesar Rp. 1,6 miliar, untuk pengadaan server baru plus server back up, Pengadaan mesin pencetakan e-KTP dienam kecamatan, dan sejumlah peralatan pendukungnya.

“Kalau semua itu sudah terpenuhi, saya yakin pelayanan akan berjalan normal,” janji Mangi.

Padron Paulus

Menanggapi pernyataan dari Kadispendukcapil, Ketua Komisi I DPRD Kota Kupang Padron Paulus mengaku siap mendukung pembenahan dan yang akan dilakukan pihak Dispendukcapil.

Baca Juga :  Ketua GMNI Kupang: Novanto tontonkan sifat kekanak-kanakan

< 1 2>

Komentar Anda?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button