Home / News NTT / Selestinus ingatkan Kajati NTT soal pemeriksaan Daniel Tagu Dedo

Selestinus ingatkan Kajati NTT soal pemeriksaan Daniel Tagu Dedo

Daniel Tagu Dedo. (foto: semard dju/moral-politik.com)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL POLITIK : Pemeriksaan yang dilakukan oleh Kejaksaan Tinggi (Kajati) Nusa Tenggara Timur (NTT) terhadap mantan Dirut Bank NTT Daniel Tagu Dedo mengundang reaksi dari Koordinator TPDI Advokat Peradi Petrus Selestinus.

Kepada wartawan Jumat (1/9/2017) dirinya mengatakan, kedatangan Daniel Tagu Dedo yang diperiksa sebagai saksi oleh penyidik kejaksaan dalam perkara korupsi sebagai bentuk pertanggungjawaban moral Daniel Tagu Dedo, selaku mantan Dirut PT. Bank NTT dalam kasus dugaan korupsi proyek pengadaan alat perangkat lunak IT dan Microsoft Lisensi Kantor Bank NTT Tahun 2015 senilai Rp. 4,3 miliar dengan perkiraan kerugian negara Rp. 2,2 miliar, harus diklarifikasi oleh Kajati NTT.

Selestinus menjelaskan, siapapun dia wajib hukumnya menjadi saksi jika dipanggil menjadi saksi dalam proses penyidikan yang tengah dilakukan oleh Kajati NTT di Kupang, guna membuat terang peristiwa pidana serta untuk menemukan siapa pelaku tindak pidananya.

Namun yang patut dipertanyakan dan memerlukan penjelasan dari Humas Kejaksaan Tinggi NTT adalah pemanggilan kejaksaan terhadap Daniel Tagu Dedo adalah murni untuk kebutuhan penyidikan dan tidak boleh mengandung muatan sekedar memenuhi pesanan pihak-pihak tertentu untuk mempolitisasi proses hukum demi memberi stigma buruk terhadp Daniel Tagu Dedo kepada publik, seolah-olah Daniel Tagu Dedo sedang terlibat sebuah kasus korupsi, pantas dimintai pertanggungjawaban pidana.

“Inilah yang harus diklarifikasi, karena di satu pihak demi nama baik Kajati NTT, juga demi nama baik Daniel Tagu Dedo yang saat ini beritikad baik mengikuti kontestasi Pilgub di NTT tahun 2018,” tambahnya.

Menurut dia, pertanggungjawaban Daniel Tagu Dedo dalam dugaan tindak pidana korupsi proyek pengadaan alat perangkat lunak IT dan Microsof Lisensi Kantor Bank NTT adalah kesediaan menjadi saksi, dan kesediaan itu sudah dipenuhinya beberapa waktu yang lalu.

Baca Juga :  Masalah air di Kota Kupang, sumur resapan solusinya...?

Tidak itu saja, sambungnya, Daniel Tagu Dedo juga mendorong Kajati NTT mengungkap tuntas kasus dugaan korupsi dimaksud dan mendorong Bank NTT untuk menuntut pihak-pihak lain di luar Bank NTT yang merugikan Bank NTT.

“Ini adalah bagian dari tanggungjawab moril Daniel Tagu Dedo bukan saja membantu penyidik dengan memenuhi panggilan penyidik Kajati NTT, tetapi mendorong Bank NTT menuntut pihak ketiga yang telah merugikan Bank NTT,” tegas dia.

Pencarian Terkait:

  • daniel tagu dedo

< 1 2>

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button