Home / News NTT / Soal RSUD SK. Lerik terlambat klaim jasa medis ke BPJS

Soal RSUD SK. Lerik terlambat klaim jasa medis ke BPJS

foto: metronews.me/moral-politik.com

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL POLITIK : Pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) SK. Lerik mengaku adanya sistem aplikasi di rumah sakit mengalami kesalahan (error)

“Ekses dari kerusakan sistem aplikasi sehingga mendampak pada keterlambatan klaim jasa medis selama empat bulan ke pihak BPJS,” kata dr. Ivyme Luanlaka yang menangani soal BPJS di Rumah Sakit tersebut kepada Komisi IV DPRD Kota Kupang saat melakukan kunjungan kerja ke RSUD SK. Lerik, pada Kamis (7/9/2017).

Luanlaka menjelaskan, adanya keterlambatan klaim jasa medis ke BPJS, karena pada awal tahun sistem aplikasi para medis di rumah sakit mengalami error, sehingga pihak rumah sakit masih perlu melakukan konsultasi dengan Kementerian Kesehatan.

“Konsultasi yang dilakukan oleh pihak rumah sakit dengan kementerian tidak secara langsung mengirim staf ke kementerian, tetapi melalui komunikasi yang dilakukan melalui telegram dan WA grub, sehingga memakan waktu hampir dua bulan baru kami dapat entry (masuk) ulang data yang ada,” jelas Luanlaka.

Selain data yang eror, kata Luanlakan, keterlambatan soal klaim BPJS disebabkan minimnya tenaga yang melakukan entry data. Tenaga entry data yang dipunyai RSUD Kota kupang hanya satu orang. Selain tenaga yang sama juga tidak hanya satu rumah sakit saja, tapi dua sampai tiga rumah sakit, sehingga dia tidak full di rumah sakit kota,” kata Luanlaka.

Luanlaka mengaku, untuk tahun 2017 pihaknya baru mengklaim jasa medis dari bulan Januari sampai bulan April, dengan total yang dibayarkan pihak BPJS Cabang Kupang sebesar Rp. 3,8 miliar. Tapi untuk bulan Juni sampai Agustus belum dilakukan karena pihaknya masih melakukan entri data, dan data yang sudah rampung sampai bulan Juli sehingga masih satu bulan tersisa untuk bulan Agustus.

Baca Juga :  Walikota Salean kembali titipkan pembangunan RSUD SK. Lerik...

“Jika entry data jasa medis bulan Agustus sudah rampung maka kami siap melakukan klaim ke BPJS,” katanya.

Pencarian Terkait:

  • proyek rsud sk lerik

< 1 2>

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button