Home / Populer / 20 meriam Indonesia masih tersimpan di RDTL

20 meriam Indonesia masih tersimpan di RDTL

Meriam milik Indonesia yang masih tersimpan di Timor Leste. (foto: ist/moral-politik.com)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL POLITIK : Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) sebagai bekas salah satu provinsi dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), banyak menyimpan catatan sejarah.

Semenjak kubu pro kemerdekaan Timor Timur menang dalam plebisit atau referendum yang diputuskan berlangsung pada 30 Agustus 1999 yang lalu, berangsur-angsur Timor Timur memersiapkan diri menjadi sebuah negara merdeka.

Namun apakah usai referendum tak ada konflik lagi? Sejarah mencatat bahwa usai referendum sempat terjadi konflik berdarah yang dilakukan kaum anti-kemerdekaan, di mana sekira 1.400 orang tewas.

Fakta itu menyulut perhatian dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sehingga pada 20 September 1999 pasukan penjaga perdamaian INTERFET tiba dan mengawal Timor Timur.

Akhirnya, pada 20 Mei 2002 Timor Timur resmi menjadi negara merdeka setelah mendapat pengakuan internasional dan mengganti nama mereka menjadi Timor Leste.

Ekses lain dari sebuah daerah yang berintegrasi dengan Indonesia, ditemukan sejumlah gedung dan peralatan militer seperti meriam.

Baca Juga :  Ternyata Ada Strategi Politik PDIP Untuk Lengserkan Jokowi?

< 1 2>

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button