Home / News NTT / Basith Algadri: Masalah ekonomi bisa picu kekerasan…

Basith Algadri: Masalah ekonomi bisa picu kekerasan…

foto: ambuga/moral-politik.com

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL POLITIK : Kasat Intel Polresta Kupang Kota AKP. Basith Algadri mengatakan, akar dari tindakan kejahatan dan kekerasan adalah persoalan ekonomi.

Hal tersebut dikatan Algadri dalam kegiatan Bimbingan Teknologi (Bimtek) Peningkatan Keamanan bagi Aparat Kecamatan dan Kelurahan Tingkat Kota Kupang tahun 2017 di Aula Sasando Lantai III Balai Kota Kupang, Kamis (19/10/2017) pukul 12.00 WITA.

“Penyebab terjadinya tindakan kekerasan dan kejahatan paling besar dipengaruhi oleh masalah ekonomi,” kata Algadri.

Selain disebabkan oleh masalah ekonomi, kata dia, kejahatan dan kekerasan juga dikarenakan adanya kesempatan.

“Seorang ingin mencuri helm, tapi kalau dia berada di dalam mobil, tindakan itu tidak akan terwujud. Terjadinya kekerasan dan kejahatan sangat ditentukan juga oleh kesempatan. Selain itu, adanya kehendak bebas, keputusan yang hedonistik, juga kegagalan dalam kontak sosial bisa menjadi pemicu terjadinya tindakan kekerasan dan kejahatan,” tambahnya.

Selain beberapa persoalan ini, ia juga mengatakan, pengaruh lingkungan dan kurangnya pengawasan orang tua kepada anak, sangat besar pengaruhnya terhadap tingkah laku anak.

Untuk itulah, sebagai Kasat Intel Polresta Kupang Kota, dia sangat mengharapkan agar selalu ada pengawasan dari orang tua terhadap anak-anak zaman sekarang.

“Lingkungan sangat mempengaruhi kelakuan seseorang. Maka itu sangat diharapkan kepada kita semua, terlebih kepada orang tua, agar memperhatikan anak-anak dengan intens,” himbau dia.

Sebagai seorang Kasat Intel yang sudah mengunjungi banyak tempat, dia mengakui bahwa kekerasan juga sering dipicu oleh minuman keras.

Baca Juga :  Kepala BPS ungkap NTT urutan ketiga termiskin

< 1 2>

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button