Home / News NTT / Mengenal kelebihan sistem pembelajaran di Sekolah Seminari

Mengenal kelebihan sistem pembelajaran di Sekolah Seminari

Marianus Kleden. (foto: ambuga/moral-politik.com)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL POLITIK : Lulusan dari sekolah-sekolah Seminari memiliki peran penting hampir dalam semua lini di dunia kerja.

Hal ini disampaikan oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Widya Mandira (Unwira) Kupang, Marianus Kleden, ketika dimintai penjelasan terkait keunggulan sekolah-sekolah Katolik (Seminari).

Menurut dia, alasan yang paling utama keunggulan sekolah seminari adalah penekanan disiplin yang tinggi.

“Semua hal yang akan dikerjakan sudah dijadwalkan. Makan, mandi, olahraga, sembahyang, belajar, semuanya sudah dijadwalkan. Karena penerapan disiplin yang tinggi seperti ini, maka lulusan sekolah Seminari memiliki kecendrungan untuk tetap disiplin. Walaupun hal ini, boleh dikatakan tidak linear. Persentase keberhasilannya selalu tidak datar,” jelas dia.

Penerapan disiplin seperti ini, menurut Marianus, akan terpola dan terpersonalisasi dalam diri siswa.

“Semua anak akan dibiasakan untuk berdisiplin. Hal ini akan terpola, terinternalisasi, dan terpersonalisasi dalam diri siswa,” tutur dia.

Terkait materi pembelajaran yang diterapkan, lanjut Marianus, sekolah Seminari melihat pelajaran-pelajaran humaniora sangat penting dan sangat membantu siswa dalam memahami suatu fenomena.

“Pelajaran Humaniora sangat penting. Secara etimologi, pelajaran Humaniora mendidik siswa menjadi ‘manusia’. Dalam pelajaran Humaniora, kita belajar bahasa, sastra, agama, filsafat. Dan kalau kita melihat sejarah perkembangan sekolah-sekolah besar, sebut saja Harvard, kita melihat bahwa cikal bakalnya dari pelajaran Teologi. Pelajaran Humaniora sangat penting untuk siswa dalam melihat suatu fenomena dan merasakannya, lalu mencari jalan keluarnya,” tegas dia.

Walaupun pelajaran Humaniora sangat dipentingkan, sambung Marianus, tapi pelajaran eksakta pun memiliki tempat yang penting di sekolah Seminari.

Baca Juga :  Penelantaran kantor Dispendukcapil Sikka, PMKRI Maumere: Polisi Pulbaket...

< 1 2>

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button