Home / News NTT / Pemkot Kupang sedang mengkaji nasib Dana PEM

Pemkot Kupang sedang mengkaji nasib Dana PEM

Walikota Kupang Jefritson Riwu Kore. (foto: nyongki/moral-politik.com)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL POLITIK : Pemerintah Kota Kupang akan meneruskan program pemberian bantuan dana usaha kepada masyarakat, lewat Dana Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (PEM).

“Namun pengelola Dana PEM diminta lebih selektif dalam menyalurkan dana tersebut. Selain itu Petunjuk Teknis (juknis) penyaluran akan di revisi,” kata Wakil Walikota Kupang Hermanus Man kepada wartawan di Kota Kupang, Selasa (10/10/2017) siang.

Man mengaku, penyaluran Dana PEM harus di evaluasi secara sungguh-sungguh, dan pemerintah mau memastikan bahwa orang yang menerima Dana PEM adalah orang-orang yang benar-benar berhak mendapatkannya, bukan kelompok tertentu, bukan keluarga.

“Sebenarnya keluarga boleh, kelompok boleh, asal mempunyai peryaratan, jangan sampai kasih sembarang saja uangnya,” tegas dia.

Selain itu, pemerintah juga berencana merevisi juknis bagi penerima Dana PEM. Juknis PEM hanya mensyaratkan penerima Dana PEM harus masyarakat yang sudah mempunyai usaha, sedangkan masyarakat yang tidak mempunyai usaha tidak dibolehkan untuk meminjam dana tersebut.

Padahal, katanya, selama tiga tahun terakhir dana tersebut disalurkan, belum ada ukuran soal majunya usaha masyarakat. Faktanya guliran dana tersebut sudah menembus angka Rp. 50 miliar lebih.

“Untuk itu kami perlu merevisi juknis, agar semua masyarakat kecil yang ingin berusaha bisa mendapatkan dana tersebut. Menurut saya program ini sudah sangat baik, tinggal bagaimana penyalurannya ditata secara baik agar penerima dana betul-betul mereka yang membutuhkannya,” pungkas dia.

 

 

 

Penulis: Nyongki

Baca Juga :  Petrus Selestinus: Kejati NTT tak peka selamatkan uang Negara

Komentar Anda?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button