Home / News NTT / Pemkot Kupang siapkan Perwali tentang sumber dan distribusi air

Pemkot Kupang siapkan Perwali tentang sumber dan distribusi air

foto: kupang.triunnews.com/moral-politik.com

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL POLITIK : Masyarakat Kota Kupang dari hari ke hari terus menggantungkan harapan untuk memeroleh air bersih dari mobil tangki air yang dimiliki oleh warga masyarakat berduit.

Ketergantungan masyarakat akan air yang disuplai mobil tangki air semakin tinggi untuk memenuhi kebutuhan akan air, mengingat suplai air dari PDAM Kota Kupang sangat jauh dari harapan.

Namun karena sumber air yang sering digunakan belum sepenuhnya higeinis untuk dikonsumsi maka Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang berencana membuat Peraturan Walikota (Perwali) Kupang yang mengatur tentang pemeriksaan kualitas air dari sumber-sumber air yang dimanfaatkan mobil tangki air untuk melayani masyarakat.

“Saya bersama pak Walikota telah memikirkan untuk membuat Perwali, agar sumber air yang dimanfaatkan mobil tangki air untuk melayani masyarakat bisa diawasi oleh pemerintah,” kata Wakil Walikota Kupang Hermanus Man kepada wartawan, di Kota Kupang, belum lama ini.

Menurutnya, Pemkot perlu melakukan pemeriksaan terhadap air dari sejumlah sumber air yang sering dimanfaatkan mobil tangki air, untuk memberikan kepastian bahwa sumber air yang disuplai kepada warga aman di konsumsi, apalagi masyarakat juga sudah mengeluarkan biaya yang sangat besar untuk membeli air dari mobil-mobil tangki.

Selain memeriksa sumber air, tambahnya, dalam Perwali tersebut, juga akan mengatur pemeriksaan terhadap mobil tangki air.

“Pemeriksaan tangki air perlu dilakukan karena banyak tangki pada mobil tangki air yang tidak dibersihkan secara rutin dan menjadi sarang kutu air, sehingga air yang disalurkan kepada warga dikhawatirkan mengandung bakteri dan kutu yang bisa membuat warga mengalami gangguan kesehatan.

Nanti untuk tangki ini kita akan buat aturan walikota untuk memeriksa kutu air yang keluar dari kran, pungkas dia, sehingga kalau tidak memenuhi syarat kita tempel dengan stiker pada tangki, supaya masyarakat tidak membeli air dari mobil tangki yang mengandung bakteri dan kutu.

Baca Juga :  Ketua KPU Kota Kupang serahkan hasil pilkada...

 

 

 
Penulis: Nyongki

Komentar Anda?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button