Home / Populer / Penyebab Dolar AS tembus Rp 13.500

Penyebab Dolar AS tembus Rp 13.500

Foto: Rachman Haryanto

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL POLITIK : Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan beberapa hari terakhir melemah tajam.

Dolar AS menguat cukup tajam dan menembus Rp 13.500.

Beberapa ekonom menyebutkan, perkasanya dolar AS karena pemerintah negeri paman sam akan menerapkan kebijakan reformasi di bidang perpajakan.

Ekonom dari PT Bank Permata, Josua Pardede, mengatakan menguatnya dolar AS juga karena ekspektasi normalisasi kebijakan moneter bank sentral AS yaitu Federal Reserve (The Fed), dan pelemahan bilai tukar euro akibat referendum Catalonia yang ingin merdeka dari Spanyol.

“Penguatan dolar AS terhadap mata uang utama dan mata uang Asia dipengaruhi oleh beberapa faktor,” kata Josua, saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Selasa (3/10/2017).

Faktor lainnya, juga adanya kejadian teror penembakan di Las Vegas, lalu rencana pencalonan Gubernur The Fed untuk menggantikan Janet Yellen, yang memiliki pandangan berbeda terkait arah kebijakan moneter AS.

“Dari kombinasi beberapa faktor tersebut, kinerja dolar AS terhadap mata uang utama, dolar index, terapresiasi (menguat) ke level tertinggi dalam satu tahun, diikuti juga oleh kenaikan yield US Treasury (imbal hasil obligasi pemerintah AS) ke level 2,37%. Penguatan dolar AS ini mendorong pelemahan rupiah bersama mata uang Asia lainnya,” jelas dia.

Sementara itu, Ekonom dari INDEF, Bhima Yudhistira, rencana Donald Trump untuk melakukan pemangkasan pajak meningkatkan pembelian dolar AS. Karena, Trump berencana memangkas pajak korporasi dari 35% menjadi 20%.

“Insentif fiskal Trump ini menjadi daya tarik investor global untuk menanamkan uangnya di AS,” kata Bhima.

Bhima menyebutkan, rencana Trump menggairahkan para pengusaha dan investor yang ingin menanamkan modalnya di AS, khususnya di sektor industri manukfaktur.

Baca Juga :  Wow! Putri Bung Karno Ini Minta Koruptor Juga Dieksekusi Mati

< 1 2>

Komentar Anda?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button