Home / Sejarah / Saat Malaysia klaim Kuda Lumping sebagai budayanya…

Saat Malaysia klaim Kuda Lumping sebagai budayanya…

Postingan tersebut mendapat serbuan komentar negatif dari netizen Indonesia. Mereka tak terima budaya tanah air kembali diklaim oleh Malaysia.

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL POLITIK : Perdebatan soal klaim kebudayaan kembali melanda Indonesia dan Malaysia.

Kali ini warganet tanah air berang ketika salah satu peserta Miss Grand International 2017 asal Malaysia, Sanjeda John, memperagakan kostum tarian Kuda Lumping.

Tarian tersebut kembali diklaim Malaysia sebagai kebudayaan mereka dengan nama ‘Kostum Nasional Kuda Warisan’. Kostum ini dipakai untuk mempromosikan kebudayaan Malaysia sebagai kostum nasional.

Alhasil, warganet kembali menuding negara tetangga itu mengklaim kebudayaan milik Indonesia.

Untuk meredam kemarahan netizen Indonesia, akun Instagram Miss Grand Malaysia memberikan klarifikasinya. Dalam postingan klarifikasi tersebut, Kementerian Pariwisata Malaysia sudah mengklarifikasi bahwa kostum tersebut memang terinspirasi dari budaya Jawa.

Dia menyebut komunitas Jawa yang ada di Johor, Malaysia sebagai simbol kesatuan dan keberagaman dari Malaysia. Menurut postingan tersebut, kebudayaan jawa telah menyebar di daerah utara Johor, Perak, dan Selangor.

“Pada awal abad ke 20, migrasi masyarakat Jawa melalui kapal dagang Belanda dan Jepang untuk mencari lahan baru membawa serta budayanya termasuk pertunjukan tari unik ini yang dilakukan pada kesempatan yang menyenangkan,” tulis akun Miss Grand Malaysia.

Kemudian dikatakan, pada tahun 1971, pariwisata kementerian Johor mengakui tarian ‘Kuda Kepang’ itu, untuk masyarakat Jawa yang berada di Johor sebagai tanda simbolis kesatuan dan keragaman budaya bagi masyarakat Johor.

“Dengan kemiripan sejarah yang kuat, asal mula warisan budaya Jawa tersebar di negara bagian utara Johor, Perak dan Selangor di Malaysia, dan Singapura,” imbuhnya.

Pencarian Terkait:

  • tajuk baca tentang kuda lumping di akui malaysia
Baca Juga :  Megawati Nangis Mengenang Pancasila, Pengamat: "Seharusnya nangis telah jual Indosat"

< 1 2>

Komentar Anda?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button