MORAL POLITIK : Walikota Kupang Jefri Riwu Kore mengatakan pendidikan merupakan kunci dari keberhasilan suatu bangsa.

Oleh sebab itu, kata Jefri, pendidikan melalui jalur formal perlu ditingkatkan.

Hal itu dikatakannya saat membuka kegiatan bimtek kepala sekolah tentang akreditasi dan sistem penilaian akreditasi sekolah dan madrasah, atau Sispena di SMK Negeri tiga Kota Kupang, Rabu (111/2017), tadi pagi.

Menurut Jefri, penyelenggara pendidikan formal harus dikelola secara profesional agar mutu pendidikan yang diharapkan selama ini bisa terwujud.

Salah satunya, kata Jefri, melalui pelaksanaan akreditasi sekolah, agar pengawasan mutu pendidikan bisa berjalan. Sebab, dalam akreditasi bisa menggambarkan hasil-hasil yang telah dicapai oleh sekolah, dan akreditasi juga dapat menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan di setiap jenjang dan jenis pendidikan.

Di depan para kepala sekolah dan madrasah tingkat SD dan SMP lingkup Kota Kupang, ia menjelaskan, pelaksanaan bimtek ini dilakukan bertujuan agar akreditasi sekolah tahun 2017 dapat terselenggara secara optimal. Sehingga, program yang dilaksanakan bisa sesuai standar nasional pendidikan, dan dapat pengakuan peringkat kelayakan.

Melalui bimtek, tambah dia, para peserta juga diharapkan bisa memahami dan menggunakan Sispena, yakni aplikasi penilaian akreditasi berbasis web, agar pelaksanaan akreditasi berjalan dengan optimal.

“Hasil akreditasi nantinya juga diharapkan dapat digunakan sebagai acuan dalam upaya peningkatan mutu sekolah, rencana pengembangan sekolah, dan sebagai umpan balik dalam memberdayakan kinerja warga sekolah, agar mutu pendidikan di Kota Kupang dapat tercapai dan bisa menjadi contoh bagi daerah-daerah lain,” pungkas dia.

 

 

 
Penulis : Nyongki

Baca Juga :  Tenaga Kontrak di RSUD Prof.Dr.W.Z.Johannes Kupang Keluhkan Nasibnya...