MORAL POLITIK : Mengenang jasa para pahlawan kemerdekaan, Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Frans Lebu Raya memberikan bantuan sosial kepada 6 orang Perintis, Janda, dan Keluarga Perintis Kemerdekaan.

Bantuan sosial itu diberikan Gubernur Frans usai upacara pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka memperingati Hari Pahlawan ke-72 tahun 2017 tingkat Provinsi NTT, di Alun-alun rumah jabatan Gubernur, di Kota  Kupang, Jumat (10/11/2017).

Keenam orang penerima bantuan sosial itu adalah Jeremias Taon Pello, Domingos Soares, Jose Sarmento, Agustina de Jesus Pareira, Ejaquel Pinto Brum Uiana, dan Terezinha N. Fernandes.

Bung Karno (Presiden RI Pertama), sebagaimana sambutan yang dibacakan Gubernur Frans, mengatakan bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati pahlawannya.

“Kalimat singkat dari Bung Karno ini memiliki makna sangat dalam bagi seluruh rakyat. Tanpa perjuangan dan pengorbanan para pahlawan, maka tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah negara yang bernama Republik Indonesia,” kata Frans.

Untuk mengenang kembali jasa para pahlawan kemerdekaan, kata Gubernur Frans Lebu, maka tiap 10 November, seluruh warga bangsa Indonesia memperingati hari pahlawan.

“Para pahlawan dengan segenap pimikiran, tindakan dan gerakan perjuangan kolektif, telah melahirkan sebuah negara yang merdeka, juga sebuah negara yang sederajat dengan bangsa lain di seluruh dunia,” katanya.

Menurut Frans, ada pesan-pesan yang disampaikan oleh para pendiri bangsa kepada seluruh warga bangsa Indonesia.

Baca Juga :  Gubernur Frans pantau UN di 3 SMU Kota Kupang