Home / News NTT / Herman Man: Sumber PAD Hanya Dari Retribusi dan Pajak

Herman Man: Sumber PAD Hanya Dari Retribusi dan Pajak

Walikota Kupang Jefri Riwu Kore dan Wakil Walikota Kupang Herman Man. (foto: berandanusantara.com)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Wakil Walikota Kupang Herman Man mengatakan, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Kupang hanya berharap pada dua hal, yakni Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Menurut Man, Kota Kupang bukan merupakan Daerah Pertanian ataupun Perternakan, sehingga Geliat Ekonominya hanya bersandar pada Jasa dan Perdagangan.

“Kota Kupang ini hidup dari jasa dan perdagangan, kita bukan daerah pertanian dan peternakan. Kalau ada rumah pemotongan hewan di Kota Kupang, itu hewannnya didatangkan dari luar. Dari aktivitas ekonomi itu, kita berharap pada dua hal tadi, pajak dan retribusi daerah,” ujarnya saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Pendapatan Daerah Bagi Aparatur Badan Keuangan Daerah dan Aparat Kelurahan dalam Wilayah Kota Kupang, di Hotel Ima, Selasa (21/11/2017).

Dikatakan, di zaman otonomi seperti saat ini, banyak aspek yang menunjukan kemajuan sebuah daerah otonom. Aspek itu antara lain, pemerataan, indeks pembangunan manusia, pendapatan perkapita dan pertumbuhan ekonomi dilihat dari pendapatan asli daerah, serta pertambahan anggaran yang membiayai seluruh aktivitas pembangunan daerah.

“Di zaman otonomi seperti saat ini, setiap tahun orang akan menilai pertumbuhan sebuah daerah otonom, banyak aspek yang akan dinilai, disinilah barangkali kita berbicara tentang pentingnya ataupun peran PAD,” ujarnya.

Target Pengelolaan Keuangan Pemerintah Kota Kupang, tambahnya, di tahun 2018 mendatang adalah mencapai Wajar Tanpa Pengengecualian (WTP).

Untuk itu, ia meminta kepada BKD agar bekerja jujur dalam mengelolah keuangan, juga harus mempunyai pengetahuan dan skil, agar mampu berkomunikasi dengan baik dengan para wajib pajak.

“Mimpi kita adalah WTP, karena kalau mendapatkan WTP maka akan mendapat bonus dari Pemerintah Pusat melalui Kementrian Keuangan. Namun untuk mencapai hal itu, kita harus punya pengetahuan, skil dalam berkomunikasi, dan yang paling penting adalah bekerja jujur,” ujar Herman.

Baca Juga :  Di Kantor KPU, Jonas Salean sesumbar memenangi Pilkada Kota Kupang !

Man, menilai bahwa kegiatan yang dilaksanakan BPKAD tersebut merupakan langkah yang sangat strategis, sebab membahas tentang keuangan daerah, pendapatan daerah, terutama pendapatan asli daerah.

< 1 2>

Komentar Anda?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button