Home / News NTT / Kadis Sosial Sikka: Penyandang disabilitas bukan produk gagal

Kadis Sosial Sikka: Penyandang disabilitas bukan produk gagal

foto: angga lispro/moral-politik.com

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL POLITIK : Seni pertunjukan yang bertajuk “Maumere The Disabled Got Talent” diselenggarakan untuk memperingati Hari Pahlawan ke-71 tahun 2017.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sikka Emmy Lusia Laka mengatakan, para penampil adalah para saudara kita yang menyandang kekurangan fisik seperti tuli, buta, cacat fisik, keterbelakangan mental, juga yang berusia lanjut.

“Mereka bukan produk gagal. Karena Tuhan selalu menciptakan manusia sesuai citra-Nya. Mereka adalah orang-orang berkebutuhan khusus, dan jika dididik dengan khusus, maka mereka akan mandiri, tidak menjadi beban bagi orang lain,” tegas Emil Laka ini kepada moral-politik.com di Maumere, Senin (13/11/2017) siang.

Yani Newar

Sementara itu pemerhati etnomusikologi Yani Newar mengakui tidak sanggup menahan air matanya melihat penampilan anak-anak penyandang disabilitas ini.

“Maaf, saya sungguh terharu. Saya diundang menjadi juri di mana-mana, tapi baru kali ini saya merasakan ada kekuatan besar, kepercayaan diri yang luar biasa, dan ekspresi yang lahir dari hati secara alamiah. Ini luar biasa,” ucapnya.

Ia mengungungkapkan, menyaksikan pertunjukan ini sepertinya orang buta mengajarkan kita melihat. Selamat kepada semua peserta yang telah memberikan penampilan yang terbaiknya.

Acara unik ini mengaduk-aduk perasaan penonton. Ada suasana lucu nan mengundang tawa, seperti fashion show oleh para jompo. Ada pula suasana haru tatkala penyandang tuna rungu bisa berpantomim dengan kompak dan indah, atau penyanyi tuna netra berdendang tentang apa artinya melihat dalam kegelapan.

Selain itu, para seniman disabilitas ini berasal dari sejumlah panti asuhan di Kabupaten Sikka, yakni Panti Asuhan St. Aloysius Alma, Panti Asuhan St. Maria Paudodo Nita, Panti Asuhan Stella Maris Nangahure, Panti Sosial Paduwau, dan Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Beru.

Baca Juga :  40 Pembina Pramuka Kwarcab Sikka dapat penghargaan

 

 

 

Penulis : angga lispro
Editor   : erny

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button